Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot Bandung Kembangkan Sorgum Jadi Energi Baru Terbarukan

Sorgum
Pemkot Bandung Kembangkan Sorgum Jadi Energi Baru Terbarukan. (Foto: Istimewa).

Selain itu, sorgum juga telah diolah menjadi berbagai bahan pangan mulai dari beras sorgum, tepung, gula, hingga briket sebagai pengganti batu bara.

Selanjutnya bahan baku sorgum tersebut diolah menjadi produk-produk pangan yang dibuat oleh UMKM. Saat ini, kebun sorgum di kawasan Seinfarm telah mencapai 1,5 hektar.

Baca Juga:  Uu Ruzhannul Ulum Sesakan Kejadian Guru di Bandung Dihabisi Mantan Suami, itu Dosa Besar Setelah Murtad

Gin Gin berharap hadirnya dukungan dari berbagai pihak mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, kalangan usaha hingga akademisi pengembangan konsep ketahanan pangan dan energi Kota Bandung akan semakin baik.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Raih Penghargaan Anindhita Wistara Data 2023 dari BPS

“Hari ini kita mencanangkan bagaimana Seinfarm bisa menjadi pusat sorgum dan pusat pengembangan ketahanan pangan sekaligus mandiri di bidang pangan. Termasuk punya kemandirian atau inovasi terkait dengan energi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Sorgum Center Seinfarm, Wisnu Cahyadi mengatakan, Bioetanol diolah menggunakan tape sorgum. Saat ini, produksi bioetanol tersebut masih dalam tahap kecil sebesar 100 kg per hari. Targetnya bisa mencapai 1.000 kg per hari. Ia berharap Sorgum dapat menjadi bahan pokok andalan Kota Bandung.

Baca Juga:  PSM Makassar Cuma Terima Trofi Meski Juara Liga 1, Berikut Penjelasan PT LIB