Poetical Urgency: Rangkuman jejak Formalisme-Arsitektural pada Patung Kontemporer Gabriel Aries Setiadi

Pameran tunggal Gabriel Aries Setiadi bertajuk ‘Gabriel Aries’ dengan kurator Rizki A. Zaelani di Lawangwangi Creative Space, Bandung, yang diselenggarakan oleh ArtSociates pada Sabtu (22/6/2024). (Foto: Rian/JabarNews).

“Sepertinya Gabriel Aries Setiadi mewarisi spirit Bandung School atau seni rupa mazhab Bandung dan tetap punya unique approach dalam proses berkarya. Gabriel punya cara berpikir yang terstruktur menurut saya. Dan karya-karyanya ‘blend-in’ (menyatu) dengan ruang dan arsitektural,” tutur Andonowati.

Baca Juga:  Mayat Perempuan Ditemukan di Dasar Sungai Cintaduy, Begini Kondisinya

Kemudian, Gabriel Aries Setiadi menuturkan bahwa proses penciptaan karya untuk pameran ini cukup rumit dalam ikhwal membangun konstruksi sebuah benda dari material yang berbeda menjadi satu kesatuan struktur yang secara sadar memperhitungkan aspek ruang, waktu dan konteks material yang bukan lagi metaforma (periode batu).

Baca Juga:  Kades Salem Mengundurkan Diri, Ini Penggantinya

“Karya-karya ini merupakan rangkuman dari beberapa komposisi gagasan visual. Komposisi itu buat berdasarkan kumpulan temuan-temuan bentuk dan rupa yang dipilih dari proses produksi percontohan serta ingatan visual mengenai karya arsitektur di Eropa, Timur Tengah, Asia juga kota-kota di tanah air selepas perjalanan atau kunjungan tertentu,” kata Gabriel Aries Setiadi. (Red)

Baca Juga:  Sampai Tahun Depan Kabupaten Bandung Siaga Bencana, 1.200 Personel Gabungan Disiapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News