Ribuan Pesantren Dapat Bantuan Inkubasi Bisnis dari Kemenag, Ini Harapannya

Menag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag).

JABARNEWS BANDUNG – Ribuan pesantren di Indonesia mendapatkan bantuan melalui program Kemandirian Pesantren yang digagas oleh Kementerian Agama. Melalui program ini, diharapkan pesantren-pesantren mampu menghasilkan produk unggulan yang dapat bersaing di pasar nasional.

Baca Juga:  Akhir September, Ini Tarif Baru Tol JORR

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menjelaskan bahwa saat ini ada sekitar 3.600 pesantren yang telah menerima bantuan inkubasi bisnis melalui program tersebut.

“Jumlah ini masih jauh dari total 42 ribu pesantren yang ada di Indonesia. Namun, ini adalah langkah awal yang sangat baik, dan kami akan terus mendorong lebih banyak pesantren untuk mengikuti program ini,” ujar Yaqut, Jumat (11/10/2024).

Baca Juga:  Buntut Ucapan Menteri Agama, Ini Tuntutan Aliansi Umat Islam Cianjur Saat Unras

Program Kemandirian Pesantren menawarkan pelatihan, pendampingan bisnis, modal usaha, serta akses pemasaran produk kepada pesantren-pesantren yang berpartisipasi.

“Mulai dari pelatihan bisnis hingga pemasaran produk, semuanya kami siapkan. Bahkan, kami akan membantu pesantren yang mengalami kesulitan memasarkan produknya,” tambahnya.

Baca Juga:  Kemenag Laporkan 41 Jemaah Haji Meninggal di Tanah Suci