Susunan Lengkap Kabinet Prabowo-Gibran, Ada 48 Menteri

Prabowo Subianto
Tangkap layat-PRabpwp Subianto saat membacakan sumpah menjadi Presiden RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden).

JABARNEWS JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan susunan kabinet untuk masa jabatan 2024-2029 dalam acara di Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (20/10) malam.

Kabinet dengan nama Kabinet Merah Putih ini terdiri dari 48 menteri, termasuk 7 menteri koordinator (menko) yang akan memimpin berbagai sektor strategis.

Baca Juga:  PKB Ingin Cak Imin Jadi Pendamping Prabowo di Pilpres 2024, Airlangga Diminta Jadi Ini

Dalam pengumuman tersebut, Prabowo didampingi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka serta Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco. Ia menyampaikan bahwa penamaan kabinet ini adalah hasil kesepakatan dengan partai-partai koalisi yang mendukungnya dalam Pemilihan Presiden 2024.

Baca Juga:  Jelang Kunjungan Presiden Jokowi ke Tasikmalaya, Puluhan Petugas Gabungan Keracunan Nasi Bungkus

“Kami sepakat memberi nama kabinet ini Kabinet Merah Putih, sebagai simbol persatuan dan dedikasi untuk bangsa,” ujar Prabowo dalam sambutannya.

Baca Juga:  Wabup Sumedang Atasi Keluarga Asal Purwakarta Yang 'Keukeuh' Ingin Lolos Penyekatan

Prabowo menjelaskan bahwa Kabinet Merah Putih dibentuk untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang inklusif dan progresif, mencerminkan semangat kerja keras seluruh komponen bangsa.