Bisa Mengurangi Dehidrasi, Ini manfaat Isotonik Bagi Tubuh Saat Olahraga

JABARNEWS | BANDUNG – Jakarta Manfaat minuman isotonik sangat luar biasa untuk orang-orang yang hobi berolahraga. Sebenarnya, air mineral saja sudah dapat mengganti cairan yang keluar dari tubuh saat berolahraga. Namun, untuk menjaga keseimbangan elektrolit, minuman isotonik bisa menjadi pilihan.

Melakukan olahraga dengan intensitas yang cukup tinggi dapat mengurangi cairan elektrolit di dalam tubuh. Namun, dengan mengonsumsi minuman isotonik, keseimbangan elektrolit pada tubuh bisa tetap terjaga.

Baca Juga:  Update Terbaru Korban Gempa Cianjur, BNPB: Masih Kemungkinan Bertambah

Manfaat minuman isotonik adalah untuk menggantikan cairan, elektrolit, serta gula pada atlet secara cepat. Jenis minuman ini bisa cepat diserap oleh tubuh karena memiliki konsentrasi serta tekanan osmotik yang sama seperti cairan yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber. Berikut manfaat Isotonik bagi Tubuh saat Olahraga:

Pertama. Menjaga Keseimbangan Tubuh – menjaga keseimbangan air dan garam di dalam tubuh. Hal ini karena kandungan zat elektrolit, yang terdiri dari sodium, potasium, kalsium, serta magnesium berperan penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca Juga:  Copot Seluruh Perangkat Desa, Desa di Sumedang Ini Buka Lowongan Kerja

Kedua. Mengurangi Resiko Cedera – Minuman isotonik sangat baik dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas olahraga, hal ini dapat memberi perlindungan dan mengurangi kerusakan otot yang terjadi saat berolahraga atau saat beraktivitas berat

Ketiga. Mencegah Dehidrasi Berat – Minuman isotonik memiliki kemampuan untuk mengembalikan cairan tubuh ke dalam keadaan normal. Sehingga saat rehidrasi terjadi, maka minuman isotonik dapat dengan cepat mengganti elektrolit di dalam tubuh.

Baca Juga:  Foto dan Video Vulgar Siskaeee Disita Polisi, 600 GB di Harddisk dan 150 GB di Handphone

Keempat. Mengganti Cairan Elektrolit dan Energi – minuman ini mengandung kalsium, mineral, magnesium, kalium, serta karbohidrat yang merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh. Sehingga minuman isotonik berperan penting dalam mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cepat. (MA)