Ada PNS Diduga Korupsi Pasar Leles, Ini Langkah Bupati Garut Rudy Gunawan

JABARNEWS | GARUT – Seorang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut dan dua orang kontraktor ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Leles.

Mereka ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Barat (Kejati Jabar). Sebelumnya, Pasar Leles mulai dilakukan pembangunan pada Oktober 2018, dengan anggaran sebesar Rp24 miliar.

 

Bupati Garut Rudy Gunawan membenarkan salah satu anak buahnya menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Leles, yang terbengkalai hingga saat ini.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Dorong Perluasan Pertanian Organik

Rudy Gunawan menyatakan bakal menyiapkan bantuan hukum untuk PNS tersebut. Belakangan diketahui, PNS yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Leles itu berinisial R.

“Pemerintah daerah akan memberikan bantuan hukum,” kata Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin (22/2/2021).

Pemkab Garut, kata dia, juga mempersilakan Kejati Jabar untuk mengungkap dan melakukan proses hukum dalam kasus pembangunan pasar tersebut.

Baca Juga:  RSUD Karawang Buka Lowongan Kerja, Buruan Cek Syaratnya Sebelum Ditutup

“Nanti kita lihat kesalahannya bagaimana,” kata Bupati Garut.

Menurut dia, bentuk pelanggaran dalam pembangunan pasar tradisional itu adanya praktik jual beli proyek oleh pemborong.

Pemkab Garut, kata dia, punya fakta lain dalam pembangunan Pasar Leles. Begitu juga dengan Kejati Jabar yang memiliki fakta dalam dugaan pelanggaran hukum terkait proyek pasar itu.

Baca Juga:  Ketua OJK Cirebon: Positif, Sektor Jasa Keuangan Wilayah III Cirebon

“Kita lihat faktanya, kan penyidik juga punya fakta,” kata Rudy Gunawan.

Bupati Garut pun mengungkapkan kekecewaannya terkait pembangunan Pasar Leles yang dipermainkan oleh mafia proyek, sehingga pada akhirnya turut merugikan masyarakat. 

Proyek pembangunan Pasar Leles yang ditargetkan selesai 2019 itu akhirnya tidak kunjung rampung. Bahkan, di pertengahan pengerjaan proyek, konstruksi bangunan Pasar Leles sudah ambruk hingga akhirnya pekerjaan dihentikan. (Red)