Kini Bikin PT Tidak Usah Pakai Akta Notaris

Entitas ini didirikan cukup dengan mengisi form pernyataan pendirian secara elektronik

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA - Selama ini Akta Notaris menjadi salah satu syarat penting untuk membuat badan hukum seperti Perseroan Terbatas (PT), hal tersebut dinilai merumitkan para pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang akan meningkatkan usahanya menjadi PT.

Terkait hal tersebut, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly mengatakan bahwa pada saat ini kedepan persyaratan Akta Notaris tidak lagi diwajibkan.

Baca Juga:

Dispora Kota Bandung Pastikan Stadion GBLA Siap Jadi Venue Piala Menpora 2021

Soal Kasus Ajay Muhammad Priatna, KPK Panggil Dirut PT Hutama Karya Aspal Beton



Yasonna menerangkan, pengilangan syarat tersebut berlandaskan kepada Undang-Undang Cipta Kerja yaitu memudahkan publik dalam berusaha melalui keberadaan perseroan perorangan dengan tanggung jawab terbatas.

Ia juga mengatakan, dengan berbadan perseroan perorangan, para pelaku usaha akan mudah membentuk PT yang memiliki satu orang pendiri.

“Entitas ini didirikan cukup dengan mengisi form pernyataan pendirian secara elektronik sehingga tidak memerlukan akta notaris,” kata Yasonna, dalam diskusi interaktif soal arah kebijakan pemerintah dalam UU 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja terkait klaster kemudahan berusaha bab VI bagian kelima tentang Perseroan Terbatas di Medan, Senin (22/2/2021).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pelaku UMK Menkum HAM PT Akta Notaris Perseroan Perorangan Perseroan Terbatas Yasonna Laoly Jabarnews Berita Jawa Barat

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi