Rilis Album Terbarunya Yang berjudul Don’t Call Me, Ini Perjalanan Karir Shinee

JABARNEWS | BANDUNG – Shinee merupakan grup penyanyi pria asal Korea Selatan yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2008. Grup ini awalnya terdiri dari lima anggota, yakni Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin.

Pada akhir tahun 2017 lalu salah satu personil grup tersebut yang bernama Jonghyun dikabarkan meninggal dunia. Mereka resmi debut di program musik SBS Inkigayo pada 25 Mei 2008 dengan single berjudul “Replay”.

Baca Juga:  Ijazah Hilang? Jangan Panik, Ini Tahapan Dan Cara Mengurusnya

Sejak debut, Shinee telah merilis sembilan album studio dalam lima berbahasa Korea dan empat berbahasa Jepang, lima album mini, tiga album live dan beberapa singel Jepang serta remake bahasa Jepang dari lagu berbahasa Korea mereka.

Grup ini juga telah meraih banyak penghargaan, menggelar empat tur konser dan membintangi acara realitas mereka sendiri. Shinee dianggap sebagai ikon fesyen setelah menciptakan gaya berbusana yang disebut “Tren Shinee”, selain itu grup ini juga dikenal dengan gerakan tari mereka yang kompak dan rumit.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19 di Tebing Tinggi, Brimob Semprot Cairan Disinfektan

Mereka debut di Jepang pada 22 Juni 2011 dengan versi bahasa Jepang dari single “Replay”. Singel ini terjual lebih dari 100.000 kopi dan menjadi single K-pop dengan penjualan tertinggi yang tercatat oleh Oricon pada saat itu.

Shinee Juga berpartisipasi dalam acara Asia Song Festival ke-5 dan di sana mereka meraih penghargaan ‘Best New Artist’ bersama grup penyanyi wanita dari Jepang, Berryz Kobo. Pada 30 Oktober 2008, grup ini turut menghadiri helatan Style Icon Awards 2008 dan memenangkan penghargaan ‘New Icon Award’.

Baca Juga:  30 Atlet Inkanas Purwakarta Bertanding ke Kejurda Bogor

Saat ini SHINee dikabarkan telah merilis album penuh ketujuh yaitu Don’t Call Me, akan menjadi titik balik dalam karier bermusik mereka. Hal tersebut diutarakan langsung oleh taemin selaku anggota dari grup penyanyi tersebut. (MA)