Hati-hati, Penipuan Modus Sumbangan Atasnamakan Wakil Wali Kota Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Beredar ke tengah masyarakat pesan yang WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan istrinya, Yunimar Mulyana, berisi pesan untuk mentransfer uang menjanjikan untuk sumbangan untuk pembangunan musala.

Kemudian pelaku menyebut telah mentransferkan sejumlah uang. Namun pelaku meminta untuk kembali mentransferkan sebagian uangnya kepada yayasan lain.

Yana memastikan hal tersebut adalah penipuan dan meminta warga berhati-hati jika menemukan modus penipuan serupa.

Baca Juga:  Setelah 3 Hari Sosialisasi, Pelanggar PPKM Baru Diberi Sanksi Sosial

“Saya, Yana Mulyana selaku Wakil Walikota Bandung ingin mengklarifikasi perihal adanya pihak-pihak tak bertanggungjawab yang mengatasnamakan saya pribadi maupun istri @yunimarmulyana dengan menjanjikan sumbangan atau pun modus penipuan lainnya,” tulis Yana di akun instagram resminya @kangyanamulyana, Selasa (23/2/2021).

Adapun modusnya adalah pelaku mengatasnamakan dirinya dan mengaku telah mentransfer sejumlah uang. Dalam pesan itu, Yana beserta Istri menjanjikan pemberian sumbangan untuk pembangunan musala.

Baca Juga:  Bikin Merinding! Tiga Gunung Keramat Di Jawa Barat Yang Terkenal Dengan Hal Mistis, Ada Kerajaan Gaibnya

Namun berikutnya pelaku meminta kepada korban untuk mentransfer kan sebagian uang kepada yayasan lainnya. Dengan alasan bahwa transfer tersebut sebagian adalah untuk yayasan tersebut.

“Saya pastikan bahwa hal tersebut adalah tidak benar. Bagi wargi-wargi, harap berhati-hati jika menemukan modus-modus penipuan serupa,” tegasnya.

Untuk itu, Yana meminta masyarakat untuk tetap waspada dan selalu mengecek ulang sesuatu yang dianggap janggal.

Baca Juga:  Inilah 6 Cara Ampuh Atasi Rasa Malas Dan Ngantuk Saat Bangun Sahur

Sebab sebagaimana pesan yang ia ingat, bahwa kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan.

“Kejahatan tidak selalu terjadi hanya karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah, waspadalah,” imbau Yana. (Red)