Kenali Lima Jenis Cedera Akibat Benturan Di Kepala

JABARNEWS | BANDUNG – Benturan yang terjadi pada bagian kepala biasanya mengakibatkan cedera, benturan tersebut bisa berdampak kepada kerusakan di bagian otak.

Dampak dari cedera otak tersebut, biasanya tergolong berat karena umumnya tidak bisa sembuh secara total, mempengaruhi fungsi otak dan dapat menimbulkan efek sisa yang bisa menghambat kerja otak.

oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cedera berat yang terjadi akibat benturan dibagian kepala. Diantaranya:

Baca Juga:  Jasa Marga Rekayasa Lalin di Tol Moh Toha Bandung, Ada Proyek Kereta Cepat

Pertama. Hematoma – Cedera kepala hematoma berarti ada sekumpulan gumpalan darah yang terjadi di luar pembuluh darah. Hematoma di otak adalah cedera yang amat serius. Gumpalan darah bisa menyebabkan tekanan dalam tulang tengkorak sehingga penderitanya hilang kesadaran atau mengalami kerusakan otak permanen.

Kedua. Gegar otak – Cedera gegar otak muncul bila benturan kepala terjadi cukup keras hingga menyebabkan cedera pada otak. Saat terjadi benturan kepala yang keras, otak akan terayun dan membentur dinding tengkorak.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Terapkan Teknologi Polimer untuk Cegah Longsor

Ketiga. Edema – Cedera otak apapun dapat menimbulkan edema, yaitu pembengkakan otak. Kondisi ini sungguh berbahaya karena tengkorak tidak mungkin meregang untuk memberi ruang pada otak yang membengkak. Akibatnya, otak akan terdesak ke dinding tengkorak sehingga berisiko timbul kerusakan yang parah.

Baca Juga:  Inilah 5 Tips Menyusui Yang Sehat Bagi Ibu Menyusui

Keempat. retak atau patah tulang tengkorak – Jika tulang tengkorak sampai retak atau patah, berarti tak ada yang akan menyerap getaran dari benturan kepala. Dengan demikian, ada kemungkinan cukup besar penderita retak tulang tengkorak juga mengalami cedera atau kerusakan pada otak.

Kelima. Hemoragik – Hemoragik adalah perdarahan yang tidak terkontrol. Benturan kepala dapat menyebabkan hemoragik subarachnoid dan hemoragik intracerebral. (MA)