Simak Ini Daftar Lokasi Banjir Yang Terjadi Di Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Banjir yang diakibatkan tingginya intensitas hujan membuat sebanyak 33 Desa dan 15 Kecamatan di Kabupaten Karawang mengalami banjir setinggi 30 sampai 70 centimeter.

Dilansir dari laporan Satgas PB BNPB Kabupaten Karawang, waktu terjadinya banjir yang menyebar ke 33 Desa di 15 Kecamatan ini variatif dari mulai Kamis (18/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021).

Secara rinci, pada Kamis (18/2/2021) banjir yang diakibatkan hujan disertai angin terjadi di wilayah tunggak jati, Karawang Barat.

Dari Banjir tersebut akibatnya, dapur rumah Uni warga Kampung Jati Ilir 1 RT. 05 RW. 07 No. 44 Kelurahan Tunggak Jati, Kecamatan Karawang Barat roboh dan menimbulkan korban jiwa bernama Abdul Sukur (30th) anak dari Uni.

Baca Juga:  Plh Bupati Sergai: Kampung Tangguh Harapan Desa Dalam Hadapi Pandemi

Dihari yang sama, akibat dari hujan angin tersebut mengakibatkan korban jiwa bernama Rafa (5th) putra dari M. Efendy yang beralamat di Kampung Ceger RT.007 RW.011, Kelurahan Tunggak Jati, Kecamatan Karawang Barat.

Pada Jumat (19/2/2021) banjir juga terjadi di 24 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Karawang. Bahkan, banjir tersebut juga menggenangi areal perumahan Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca Juga:  Berikut Makna Gerakan Sholat Yang Jarang Diketahui

“Banjir sudah meluas ke sejumlah wilayah Karawang. Bahkan rumah saya di kawasan Karaba Telukjambe dan rumah Plh. Bupati di perum Pemda juga terendam banjir,” kata Kepala Pelaksana BPBD Karawang, Yasin Nasurudin, Sabtu (20/2/2021) di kantornya.

Selain itu, pada Sabtu (20/2/2021) banjir juga terjadi di beberapa wilayah yang diakibatkan oleh meluapnya air sungai seperti Sungai Citarum, Sungai Cikereteg, Sungai Cibeet, dan Sungai Cikaranggelam.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Karawang Acep Jamhuri mengatakan, saat ini banjir semakin meluas hingga merendam 33 desa di 15 kecamatan.

Baca Juga:  Warga Luar Bogor Wajib Catat! Pos Penyekatan Momen Libur Lebaran Ditambah

Ke 15 kecamatan itu yakni Rengasdengklok (enam desa), Telukjambe Barat (tiga desa), Ciampel (satu desa), Pangkalan (satu desa), Cikampek (dua desa), Karawang Barat (lima desa), Tirtamulya (satu desa), serta Kecamatan Jatisari (satu desa).

“Banjir juga melanda Kecamatan Telukjambe Timur (dua desa), Banyusari (dua desa), Karawang Timur (satu desa), Cilamaya Wetan (empat desa), Pakisjaya (dua desa), Rawamerta (satu desa), serta Kecamatan Batujaya (satu desa),” ujarnya, Minggu (21/2/2021). (Red)