Satgas Covid Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan Untuk Antisipasi Klaster Pengungsian

JABARNEWS | JAKARTA – Banjir yang melanda sebagian wilayah di Indonesia mengakibatkan timbulnya pengungsi. Antipasi harus dilakukan dengan baik karena hal ini terjadi saat di masa pandemi yang akan berpotensi besar penularan di tempat pengungsian.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito meminta untuk menerapkan protokol kesehatan di tempat pengungsian.

Baca Juga:  Kuasa Hukum Sebut Habib Rizieq Shihab Tak Jadi Bebas Hari Ini, Kenapa?

“Pencegahan ini dapat dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk juga skrining melalui rapid test antigen. Sehingga mereka yang positif dapat segera dirujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan di daerahnya untuk memperoleh penanganan lebih lanjut,” ucap Prof. Wiku Adisasmito pada Selasa (23/2/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga:  Penyerang Baru Persib Ezra Walian Kabarkan Kondisinya saat Jalani Karantina

Untuk penanggulangan bencana alam, para petugas yang berada di posko-posko COVID-19 daerah bisa membantu penyediaan bantuan juga mengawasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Hal ini agar para pengungsi tidak tertular COVID-19 serta tidak menciptakan klaster baru di pengungsian.

Baca Juga:  Begini Cara Menanam Cabe Rawit Pada Polybag, Perhatikan Tahapannya!

Prof. Wiku Adisasmito mengatakan penularan Covid-19 dapat dlakukan dengan bergotong royong. Dan pemerintah melakukan upaya penanggulangan bencana alam di masa pandemi.

“Semoga bencana banjir yang sedang dihadapi beberapa provinsi dapat segera teratasi,” pungkas Prof. Wiku Adisasmito. (Han)