Dipercaya Bisa Atasi Panu, Ini Manfaat Kemiri

JABARNEWS | BANDUNG – Kemiri yang mempunyai nama latin Aleurites moluccana merupakan tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.

Dalam dunia perdagangan antarnegara namanya dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya ini sangat berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat.

Bukan hanya itu saja dalam dunia kesehatan kemiri juga memiliki banyak kegunaan, salah satunya yaitu minyak kemiri kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C, antioksidan, Vitamin D serta dipercaya bisa melembabkan kulit jika minyak tersebut dibalurkan ke bagian kulit kalian.

Baca Juga:  Nana Suryana Sebut Kasus Stunting di Kota Banjar Rendah, Ini Faktanya

Dilansir dari beberapa sumber, kemiri memiliki khasiat bukan hanya sebagai pelembab kulit saja. oleh sebab itu berikut manfaat kemiri terhadap kesehatan:

Pertama. Mengurangi Kerutan – Mengutip dari Island Essence, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk menghilangkan kerutan di wajah. Banyaknya antioksidan yang terkandung dalam kemiri menyebabkan jenis minyak ini cocok untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Minyak kemiri akan menstimulasi produksi kolagen dan membersihkan sel kulit mati sehingga sel kulit baru memiliki ruang yang lebih lapang untuk berkembang.

Baca Juga:  Polsek Cibatu Bentuk Kampung Anti Narkoba Di Desa Karyamekar Purwakarta

Kedua. Meredakan Peradangan – Asam lemak dari minyak kemiri mudah terserap di kulit manusia. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan minyak ini dalam proses pemijatan tubuh. Saat terserap, manfaat minyak kemiri efektif mengobati otot dan sendi yang sakit sehingga cocok digunakan untuk penderita artritis.

Ketiga. Pereda Nyeri – Island Essence mengatakan bahwa minyak kemiri juga mampu berperan sebagai analgesik atau pereda nyeri. Bagi Anda yang baru saja menjalani operasi atau kecelakaan, minyak kemiri bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk mengobati luka bakar.

Baca Juga:  Berikut Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini

Keempat. Meningkatkan sistem pencernaan – Kemiri adalah sumber serat yang sangat baik, oleh sebab itu kemiri bermanfaat bagi saluran pencernaan. Konsumsi kemiri secara teratur dapat membantu melancarkan proses pencernaan dengan proses buang air besar secara teratur.

Kelima. Meringankan Infeksi Jamur – Ada beberapa gangguan kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti panu atau kurap. Infeksi jamur pada kulit mungkin tidak berbahaya, tetapi itu akan membuat penderita tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Penulis: Muhammad Amaludin