Terbawa Arus, Tumpukan Sampah Bambu Sumbat Sungai Cikeas di Jatisari

JABARNEWS | BEKASI – Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) Puarman mengatakan Tumpukan sampah bambu kembali menyumbat aliran Sungai Cikeas di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Akibat hujan lebat beberapa hari lalu, gunungan sampah bambu sudah mulai menyumbat aliran sungai di kawasan Perumahan Vila Nusa Indah (VNI) III, beberapa kilometer sebelum Bendung Kodja,” ujar Purman, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga:  Pilot Meninggal Dunia, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Juanda

Ia mengatakan, tumpukan sampah bambu tersebut enyumbat aliran sungai di Bendung Kodja, akan tetapi terbawa arus air saat sungai meninggi. Karena jumlahnya banyak, akhirnya menyumbat aliran Sungai Cikeas yang lebarnya tidak lebih dari 10 meter.

Baca Juga:  Kolam Renang Sasak Panyawangan, Destinasi Wisata Baru Di Purwakarta

Tumpukan sampah bambu itu semakin menggunung karena di wilayah tersebut juga terjadi longsor empat rumpun bambu akibat meningginya air sungai, dampak curah hujan yang tinggi.

Puarman mengaku sejak Rabu (24/2) pagi Pemerintah Kota Bekasi telah melakukan upaya pembersihan sampah bambu dengan melibatkan 15 personel anggota Tim Katak dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Baca Juga:  Adu Kuat Dukungan Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo

Dia berharap dalam dua hari ke depan sampah bambu tersebut bisa diatasi oleh Tim Katak Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

“Guna kelancaran kegiatan bebersih tersebut, kami ikut berkontribusi dalam bentuk konsumsi,” demikian Puarman. (Red)