Banjir Lagi, Warga di Subang Ini Kembali Dirikan Posko Bencana

JABARNEWS | SUBANG – Kampung Saradan RT 12 RW 03 Desa Sukamulya, Pagaden, Subang kembali terdampak banjir pada Selasa (24/2) kemarin malam. Ketinggian banjir mencapai dada orang dewasa.

Gian (42) Ketua RT setempat menyebutkan bahwa banjir ini yang kedua kalinya menimpa kampung tersebut. Setelah sebelumnya terjadi pada Selasa (9/2) lalu.

“Ini terjadi yang kedua kalinya kampung kami dilanda banjir,” kata Gian saat memberikan keterangan kepada JabarNews.com, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga:  TGH Fauzan Zakaria Pimpin AMSI NTB

“Banjir ini limpahan dari Situ Nagrog. Air situ sudah besar, maka dilimpahkan ke saluran buangan. Nah, saluran buangan itu ya, ini, salurannya di kampung kami,” lanjutnya.

Gian mengungkapkan bahwa sebanyak 60 warga dari 25 Kepala Keluarga (KK) terdampak secara langsung akibat banjir ini.

“Banjir nya sampai sedada orang dewasa, alat- alat rumah seperti sanyo, alat masak, kompor, banyak yang rusak,” ungkap Gian.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Singgung Generasi Rebahan di Bandung Barat Triathlon, Ini Katanya

“Makanya kami menyediakan posko bencana dan dapur umum banjir ini, untuk memenuhi kebutuhan sementara para warga,” lanjutnya.

Gian menegaskan bahwa kejadian banjir ini tidak memakan korban. Hanya kerugian secara materi yang jumlahnya belum bisa ditaksir.

Sementara Idam dari petugas pintu Situ Nagrog memberikan keterangan bahwa air Situ Nagrog debit air nya besar dan Tinggi Muka Air mencapai 3.85.

Baca Juga:  Komisi V DPRD Jabar: Fasilitas PSRABH Masih Belum Memadai

“Jam 12 malam tadi ketinggian TMA-nya mencapai 3.85. Itu sudah diluar normal,” kata Idam kepada JabarNews.com.

“Makanya kami buang ke pintu pembuangan. Pantas jika air yang berada di kawasan saluran pembuangan ini terdampak banjir. Kami tidak mau ambil risiko, daripada nanti tanggul situ nya yang jebol, kan,” tandasnya. (CR1)