Monitoring Posko PPKM Mikro, Bupati Cianjur: Pencegahan Covid-19 Harus Diutamakan

JABARNEWS | CIANJUR – Plt Bupati Kabupaten Cianjur Herman Suherman monitoring Posko Terpadu PPKM Mikro di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Rabu (24/2/2021).

“Pertahankan yang sudah bagus. Intinya adalah jangan sampai ada orang mobilisasi atau bergerombol dari luar masuk ke Cirumput tidak diketahui oleh kita,” kata Herman.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengefektifkan PPKM secara mikro berada di desa, RT dan RW.

“Nah, itu salah satu tujuan dari PPKM Mikro,” ujarnya.

Baca Juga:  Mantap! Jadi Juara Umum PON 2021 di Papua, Jabar Ciptakan Rekor Ini

Herman berpesan, meskipun secara umum saat ini kasus Covid-19 mengalami penurunan yang signifikan. Namun, kinerja atau langkah-langkah pencegahan Covid-19 harus tetap diutamakan.

“Terus membangun komunikasi, kekompakan, RT, RW, Kepala Desa, unsur Forkompimcam serta masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur Mochamad Rifai menjelaskan bahwa dalam langkah-langkah pencegahan Covid-19 dalam PPKM mikro di Cianjur pada dasarnya sudah bagus di setiap wilayahnya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di wilayah posko PPKM Mikro tersebut.

Baca Juga:  Disini Lokasi SIM Keliling Purwakarta Rabu 24 Mei 2023

“Seperti ruang isolasi harus tersendiri jangan sampai ada aktivitas masyarakat di dekatnya,” ucap Rifai.

Menurutnya, ada hal yang lain yang perlu dibuat tentang laporan-laporan perkembangan Covid-19 yang update, diperhatikan pula dasar-dasar surat edaran dari pusat, provinsi, dan kabupaten.

“Agar adanya sinkronisasi antara pusat sampai dengan tingkat RT satu komando,” paparnya.

Baca Juga:  Bupati Dukung Dekkma Lestarikan Budaya Lokal

Terakhir, Rifai menyampaikan, Tim Posko PPKM Mikro harus memberikan arahan terhadap warganya mengenai 3M dan 3T serta membatasi dan memonitor orang yang masuk.

“Hingga tahu siapa saja yang masuk ke wilayahnya,” pungkasnya.

Plt Bupati, dan Kapolres Cianjur serta timkes dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setelah selesai melakukan pertemuan di sekretariat Posko PPKM Mikro. Kemudian mereka melanjutkan peninjauan ke rumah isolasi mandiri, masih berada di sekitar wilayah Desa Cirumput. (Mul)