JMN Channel


Potret Pilu Industri di Jabar: 1.900 Perusahaan Berhenti, Puluhan Ribu Karyawan Dirumahkan

Berdasarkan data dari BPS Jawa Barat, industri yang berdampak sebagian besar dari sektor industri kecil dan produk turunannya yaitu industri manufaktur.

Ilustrasi ribuan perusahaan berhenti di Jabar. (Foto: Pixabay).

JABARNEWS | BANDUNG - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat mencatat sekitar 1.900 ribu lebih perusahaan di Jabar yang berhenti operasi dan merumahkan karyawannya sebanyak 80 ribu lebih akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas KUK Jabar Kusmana Hartadji mengatakan, pada saat pandemi Covid-19 satu tahun terakhir ini, terdapat 1.970 perusahaan di Jabar yang merumahkan 80.067 karyawannya dan 18.996 pekerja yang di PHK.

Baca Juga:

Gempar! Warga Kaget Temukan Hewan Mirip Dajjal di Purwakarta

Duh! Atalia Praratya Positif Corona



"Berdasarkan data dari BPS Jawa Barat, industri yang berdampak sebagian besar dari sektor industri kecil dan produk turunannya yaitu industri manufaktur," kata Kuswana di Bandung, Rabu (24/2/2021).

"Saat ini terdapat 11,6 persen usaha mikro dan kecil bangkrut dan terdapat umkm yang 80 persen pendapatannya berkurang, berdasarkan data dari BPS," tambahnya.

Dia menjelaskan, sektor pariwisata di jabar juga ikut terdampak pandemi. Saat ini, lanjut Kusmana, terdapat 411 destinasi wisata yang berhenti beroperasi dan 1076 hotel yang ditutup, karena tidak ada pengunjung.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Dinas KUK Jabar Industri Jawa Barat Perusahaan Karyawan Pandemi Covid-19 Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Demi Pacar, Seorang Perempuan Nekat Selundupkan Sabu ke Lapas

DPRD Minta Dinsos Jabar Kaji Ulang Penyaluran Bansos Covid-19

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi