Gus Menteri Bakal Digitalkan Arsip Kemendes PDTT, Ini Alasannya

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyambangi Perpustakaan Kementerian Desa PDTT yang terletak di Gedung Makarti Kantor Kalibata, Rabu (24/2/2021).

Mengenakan batik hijau bermotif, Gus Menteri, sapaan akrabnya, terlihat bersemangat saat meninjau Perpustakaan yang berada di bawah Biro Humas ini.

Doktor Honoris Causa dari UNY ini menyimak dengan seksama penjelasan dari Karo Humas Erlin Chaerlinatun mengenai detail ruangan dan peruntukannya.

Ruang pertama yang disambangi adalah Ruang Diskusi, dilanjutkan Ruang Akuisisi dan menyempatkan diri ke Ruang Baca.

Baca Juga:  ASN Pakai Kendaaran Dinas, Panwaslu Lapor Inspektorat

Selanjutnya, Gus Menteri melihat langsung koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan termasuk metode pemanfaatannya.

Kemudian, Gus Menteri juga melihat Ruang Mini Theater yang menjadi salah satu andalan Perpustakaan.

Bahkan Gus Menteri sempat duduk dan melihat dokumentasi Kemendes PDTT yang diputarkan oleh penanggung jawab ruangan ini.

Gus Menteri mengatakan, seluruh arsip-arsip dan dokumentasi milik Kemendes PDTT yang telah lama, termasuk arsip Transmigrasi untuk segera dialihkan ke bentuk digital.

Baca Juga:  Bamsoet: Tumpas dan Ratakan Para Separatis-Teroris di Indonesia

“Setelah digitalisasi, arsip ini ditempatkan di Perpustakaan Kemendes agar bisa diakses,” kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Gus Menteri berharap Perpustakaan juga bekerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk Perguruan Tinggi dan Kementerian/Lembaga agar data dan dokumentasi yang dimiliki semakin beragam dan lengkap.

Sebelumnya, Menteri Halim mengatakan, salah satu alasan penataan Perpustakaan ini untuk tempat berhimpunnya semua referensi pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat bisa ditelaah, hasil-hasil penelitian bisa diakses oleh masyarakat.

Baca Juga:  Kemah Budaya Ajang Refleksi Diri Dan Mengenal Tradisi Lokal

“Kemudian data-data Kementerian Desa juga bisa diakses disitu supaya semangat atau suasana membangun desa menjadi semakin meningkat adrenalinnya,” kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Keberadaan Perpustakaan ini juga bakal diumumkan ke seluruh Perguruan Tinggi, penggiat desa, penggiat pemberdayaan masyarakat termasuk para mahasiswa yang ingin menyusun tugas akhir bisa menyambangi Perpustakaan Kemendes untuk mencari referensi.

Turut mendampingi Gus Menteri, Wakil Mendes PDTT Budi Arie Setiadi, Sekjen Taufik Madjid, dan Pejabat Tinggi Pratama. (Red)