Ratusan Ibu-ibu Kota Cirebon Datangi Disdukcapil, Minta Ganti Foto KTP

JABARNEWS | CIREBON – Seolah tak pedulikan protokol kesehatan Covid-19, ratusan ibu-ibu beramai-ramai mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Cirebon, demi mengganti foto KTP Elektronik, yang sebelumnya tak berhijab menjadi berhijab.

Berdasarkan pantauan Jabarnews.com ratusan ibu-ibu tampak berbaris dan memadati rela berdesakan di halaman Kantor Disdukcapil Kota Cirebon demi untuk mengganti foto dalam KTP, yang sebelumnya tidak berhijab diganti dengan foto berhijab.

Mereka beramai-ramai mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Cirebon, menyusul adanya statement Ditjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif, bahwa foto di dalam KTP elektronik bisa diganti dari yang tidak menggunakan hijab hingga menggunakan hijab bagi kaum perempuan muslim.

Baca Juga:  Pemkab Bogor Tawarkan Kawasan Nanggung Jadi Alternatif Wisata di Puncak

“Dari statement itu, warga Cirebon khususnya ibu-ibu datang kesini untuk mengganti foto di KTP, karena foto yang lama tidak berjilbab,” kata Atang Hasan Dahlan/ kepala Disdukcapil kota Cirebon, Kamis (25/02/2021)

Untuk syarat pergantian foto dalam KTP itu, dijelaskan Atang masyarakat cukup membawa KTP elektronik yang lama dan foto copy kartu keluarga ke Disdukcapil Kota Cirebon.

Baca Juga:  Musisi Bandung Gelar Konser Amal Peduli Lombok

“Syaratnya tidak rumit, karena ini pelayanan satu atap, jadi masyarakat tidak perlu membawa surat pengantar dari RT atau Rw setempat. Masyarakat cukup langsung datang ke Dinas dan dapat langsung dilayani,” katanya.

Pelayanan di Kantor Dukcapil sendiri lanjut Atang, bukan hanya melayani penggantian foto dalam KTP, melainkan melayani perbaikan KTP yang mengalami kerusakan.

Baca Juga:  Perumdam Cianjur Kewalahan Pasok Permintaan Air Bersih

“Jika KTP elektronik rusak atau ada bagian terkelupas ataupun foto KTP sudah buram, bisa langsung diperbaiki di Kantor Dukcapil,” katanya.

Sementara itu, Salah seorang warga pancuran Kota Cirebon mengaku senang dengan adanya program ini. Karena, menurutnya foto di dalam KTP miliknya bisa diganti dan diperbaiki tanpa harus menunggu lama.

“Bagus juga programnya, jadi foto dalam KTP saya sudah berhijab, “kata Wartini saat diwawancarai awak media. (Arn)