JMN Channel


Tingkatkan Kesejahteraan Petani, DPRD Jabar Dorong Pertanian Berbasis Tanaman Lokal

Berbagai tanaman endemik di Jabar bisa digali untuk menjadi produk unggulan daerah yang dapat meningkatkan pendapatan para petani.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Lina Ruslinawati. (Foto: Humas DPRD Jabar).

JABARNEWS | BANDUNG - Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat menilai saat ini Jabar membutuhkan grand design pertanian berbasis tanaman lokal untuk meningkatkan kesejahteraan pertani.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Lina Ruslinawati mengatakan, saat ini para petani kopi di Desa Sukadana Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur membutuhkan tanaman penyangga untuk melindungi tanaman kopi mereka.

Baca Juga:

DPRD Minta Dinsos Jabar Kaji Ulang Penyaluran Bansos Covid-19

DPRD Jabar Setujui Pemekaran Bogor Timur dan Indramayu Barat



Oleh karena itu, salah satu solusi tanaman penyangga tersebut adalah pohon picung, tanaman endemik Cianjur.

"Petani membutuhkan pohon tegakkan untuk melindungi kopinya, sementara di Cianjur ini ada tanaman endemik yakni pohon picung yang ternyata memiliki banyak fungsi dan bernilai ekonomis," kata Lina dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/2/2021).

Dia menjelaskan bahwa pohon picung setelah diteliti memiliki banyak manfaat. Selain dapat mencegah erosi serta melindungi tanaman kopi para petani, buah pohon picung ternyata dimanfaatkan sebagai bahan pengawet makanan.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : DPRD Jabar Lina Ruslinawati Pertanian Tanaman Lokal Petani Kesejahteraan Petani Komisi II Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi