Insan Pers Apresiasi Pemerintah, Wartawan Lebih Awal Dapat Vaksin Covid

JABARNEWS | JAKARTA – Insan pers mengapresiasi pemerintah mengutamakan pekerja awak media di seluruh Indonesia yang mendapatkan vaksin Covid-19 Tahap 2 dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Sebanyak 5.512 awak pekerja media mendapatkan vaksinasi pertama Covid-19 dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/2/2021)

Ketua Dewan pers, Mohammad Nuh yang hadir di lokasi mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi insan pers adalah bagian dari tugas Dewan Pers yaitu melindungi pers dari tekanan dan ancaman dari luar ketika menjalankan tugas jurnalistik, selain ancaman dari penyakit, dari dalam tumbuh.

Baca Juga:  Polsek Karangtengah Cianjur Sambangi Desa Sukamantri, Beri Imbauan Begini

“Karena itu wartawan, insan pers harus diberi perlindungan dengan vaksin, supaya sehat dan bisa menyajikan berita berkualitas,” ujarnya.

Sementara Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Atal S menjelaskan, pihaknya memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah yang memberi perhatian kepada insan pers dalam pemberian vaksin Covid-19.

“Kami senang, pemerintah telah mengapresiasi insan pers yang melakukan tugas jurnalistik di tengah pandemi Covid-19. Karena resiko tertular Covid-19 bagi wartawan sangat tinggi saat bertugas,” katanya yang juga sebagai Ketua PWI Pusat di tempat terpisah.

Dia menjelaskan, pada kesempatan puncak acara HPN tanggal 9 Februari 2021 yang lalu di Istana Negara, pihaknya meminta Bapak Presiden Joko Widodo untuk menambah 5.000 insan pers untuk divaksin,” kata Atal.

Baca Juga:  Hati-hati! Jalan di Jalur Utama Puncak-Cianjur Ambles, Arus Lalu Lintas Macet

“Presiden Joko Widodo yang telah memberikan kesempatan lebih awal kepada pekerja media untuk mendapatkan vaksin Covid-19,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi hari pertama untuk insan pers di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Senayan kemarin, tercatat sebanyak 512 orang awak media mendaftar langsung dan mendapat vaksinasi Covid-19 langsung saat mendaftar di lokasi.

Kegiatan berlangsung lancar dan tertib. Semua peserta dipersilakan duduk di kursi yang sudah disediakan. Para peserta dilayani sesuai alur yang ditetapkan. Untuk registrasi disiapkan 20 meja, screening 25 meja, vaksinasi 25 meja, dan pelaporan 10 meja. Para penerima vaksin dipanggil secara bergelombang sesuai tempat mereka mendaftar, yakni di 10 konstituen Dewan Pers dan Forum Pemred.

Baca Juga:  Sempat Padam, Tangki Pertamina di Balongan Indramayu Kembali Terbakar

Ke-10 konstituen Dewan Pers adalah  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Penerbit Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).(red/rilis)