Polda Jabar Gerebek Produksi Karet Tabung Gas Tak Sesuai SNI di Garut

JABARNEWS | BANDUNG – Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago memimpin Konferensi Pers mengenai Ungkap Kasus peredaran Rubber Seal ilegal yang diedarkan di Jabar hingga Jawa Tengah (Jateng), Kamis (25/2/2021).

Setelah beroperasi selama 6 tahun, pabrik karet perapat (rubber seal) tabung LPG yang berlokasi di kampung Ciawi Kepuh, Desa Majasari, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut digerebek Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.

Baca Juga:  Bawaslu Kab Subang Siap Terbuka Terima Kritik Dan Saran

Dijelaskan Kabid Humas Polda Jabar dalam keterangannya menyebutkan bahwa CV Afif Perkara milik AP (50) dipersalahkan karena selama ini memproduksi rubber seal dengan tidak memperhatikan SNI.

“Jelas jika produksi rubber seal tidak sesuai SNI, maka sangat berbahaya sekali. Rentan terjadi kebocoran yang tentu akan mengakibatkan ledakan tabung gas,” kata Erdi.

Dalam beroperasinya, lanjutnya, tersangka AP mempekerjakan 6 karyawan untuk mengolah bahan baku menjadi rubber seal yang didistribusikan ke wilayah Jabar dan Jateng.

Baca Juga:  Penerbangan Umroh Bandara Kertajati, Mayoritas Jemaah Berasal Dari Jawa Tengah

“Rubber Seal yang dibuat tersangka tidak dibubuhi tanda SNI serta tidak memenuhi batas toleransi yang diizinkan dan yang ditetapkan BSN (Badan Standardisasi Nasional). Sebenarnya tersangka sudah tahu produksinya ilegal, tetapi dia tetap memproduksi untuk mencari keuntungan pribadi,” jelasnya.

Setiap harinya AP bisa membuat rubber seal 45 ribu pcs, atau sejuta sampai dua pcs setiap bulannya. Dijual Rp.30/pcs, untuk keuntungan dan omzet yang diperoleh tersangka mencapai Rp. 60 juta perbulannya.

Baca Juga:  80 Pendaftar Calon KIP Jabar Lolos Seleksi Administrasi

“Tersangka melanggar UU RI No.3 tahun 2014 tentang perindustrian, UU RI No.7 tahun 2014 tentang Perdagangan dan UU RI No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen, dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara,” tutupnya. (RNU)