Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Cuka putih dikenal sebagai bumbu penyedap yang digunakan untuk melezatkan makanan. Namun ternyata, para ahli kesehatan juga menemukan bukti bahwa cuka putih juga memiliki manfaat dari sisi medis.

Mulai dari mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, hingga membasmi bakteri, ada beragam manfaat cuka putih. Kenalilah berbagai manfaat cuka putih untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat cuka putih bagi kesehatan tubuh:

1. Mengontrol gula darah – Manfaat cuka putih yang pertama ialah mengontrol gula darah. Dalam beberapa studi, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi cuka putih setelah makan, bisa menurunkan kadar gula darah dan kadar insulin dalam tubuh.

Baca Juga:  Warga Depok Antusias Selfi Lukisan 3 Dimensi

2. Menjaga berat badan ideal – Manfaat cuka putih yang satu ini tentunya sangat menggiurkan untuk mereka yang sedang diet. Ya, cuka putih dipercaya bisa menjaga berat badan ideal.

Beberapa riset menemukan, mengkonsumsi cuka putih bisa memperlambat proses pengosongan lambung, sehingga menunda datangnya rasa lapar. Dengan demikian, kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh diharapkan bisa berkurang, dan berat badan ideal pun terjaga.

Baca Juga:  Tekor! Imbas Penutupan Objek wisata, Kabupaten Pangandaran Rugi Rp230 Juta

3. Menurunkan kolesterol – Menurunkan kolesterol menjadi manfaat cuka putih yang tentunya dibutuhkan banyak orang. Dalam sebuah riset pada hewan uji, tikus yang diberikan cuka putih mengalami penurunan kolesterol secara signifikan.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, terutama pada manusia, untuk mencari tahu kemampuan cuka putih dalam menurunkan tingkat kolesterol.

4. Membasmi mikroba – Cuka putih mengandung anti mikroba, yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Misalnya, jamur di kuku, kutil di kulit, hingga infeksi telinga. Selain itu, cuka putih juga bisa dioleskan ke kulit untuk mengobati luka bakar ataupun infeksi.

Baca Juga:  Musnahkan Ribuan Botol Miras, Polres Cirebon Beri Peringatan Keras

5. Mengatasi cegukan berlebihan – Siapa sangka kalau cuka putih bisa mengatasi cegukan? Beberapa riset memaparkan berbagai metode penggunaan cuka putih untuk mengatasi cegukan yang bisa dicoba.

Dalam Journal of Palliative Medicine, menyuntikkan 0,1 mililiter cuka putih pada dua responden sehat dan satu pasien kanker, terbukti ampuh dalam mengatasi cegukan seketika. Namun, pasien kanker tersebut mengalami efek samping berupa iritasi hidung ringan. (MA)