PMI Gulirkan Kampung Donor Di Cirebon, Ini Tanggapan Bupati

JABARNEWS | CIREBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat mendukung program kampung donor yang digulirkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), dan diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap donor darah.

“Kami tentu sangat mendukung terobosan tersebut (pembentukan kampung donor),” kata Bupati Cirebon Imron di Cirebon, Kamis (25/2/2021)

Menurutnya, dukungan penuh untuk PMI bakal diberikan karena organisasi bergerak di bidang sosial dan amal, sehingga perlu diapresiasi lebih oleh pemerintah

Baca Juga:  Ini Dia Spot Ngabuburit Di Majalengka

Selain itu, kampung donor juga diharapkan bisa meningkatkan relawan atau pendonor darah di Kabupaten Cirebon, mengingat darah sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Darah tidak bisa diganti oleh yang lain, sehingga hanya bisa dengan cara donor dari manusia juga. Maka dari itu, perlu kesadaran, dengan donor tidak menjadi sakit,” kata Imron.

Baca Juga:  Peribahasa Sunda Dan Pendidikan Karakter

Sementara Ketua PMI Kabupaten Cirebon Sri Heviyana mengatakan beberapa waktu lalu sempat mencari kampung yang bakal dijadikan sebagai percontohan. Dari hasil pencarian itu, pihaknya memilih kampung di Desa Tanjunganom, Kecamatan Pasaleman.

Baca Juga:  BRI Kota Cirebon Dijejali Siswa SD

Tidak hanya meningkatkan donor darah, PMI juga akan memberikan beberapa program supaya kampung tersebut bisa lebih maju, baik dari segi kesehatan atau kebersihannya.

“Kami tidak bisa kerja sendiri, perlu bantuan dari pemerintah untuk sama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat,” katanya. (Red)