M Ali Yusuf: Produk Ramah Lingkungan dari BSN LPBINU Tepat Untuk Kurangi Sampah

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua LPBI PBNU M Ali Yusuf menilai peluncuran produk ramah lingkungan yang dilakukan oleh Bank Sampah Nusantara (BSN) LPBINU sangat tepat untuk membantu mengurangi jumlah sampah di Indonesia.

Dilansir dari laman Nu.or.id, Jumat (26/2/2021). M Ali Yusuf mengatakan bahwa persoalan sampah hingga kini masih menjadi problem sangat pelik dan sulit dikendalikan karena timbunan sampah yang masih sangat banyak.

Ali kemudian mengutip data tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahwa terdapat 67,8 ton sampah per tahun. Angka tersebut cukup besar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang juga sangat banyak.

“Tapi saya kira bukan menjadi alasan jumlah penduduk yang kemudian harus disamakan dengan jumlah sampah, karena ini terkait dengan pola pikir dan perilaku. Kalau dalam istilah hari ini adalah bagaimana menciptakan pola hidup yang berkelanjutan (sustainable living),” kata M Ali Yusuf.

Baca Juga:  Penjaga Kebersihan Di Batas Purwakarta

Ia menjelaskan, pemerintah Indonesia saat ini memiliki target pengurangan sampah 30 persen secara umum dan pengurangan 70 persen sampah plastik pada 2025. Menurut Ali, target pemerintah seperti itu sangat ambisius.

“Target pengurangan sampah itu cukup fantastis dan ambisius tapi kita harus dukung karena ini (pengurangan sampah) merupakan niat yang sangat baik,” tegas Ali.

Direktur BSN LPBINU Fitria Aryani mengatakan bahwa momentum peluncuran tersebut sangat ditunggu-tunggu karena merupakan cita-cita besar untuk bisa menciptakan satu produk yang ramah lingkungan.

“Karena mungkin selama ini kita hanya bermain di lintingan koran, transaksi sampah, dan sebagainya. Tapi kemudian ada satu program yang diberikan Kemnaker kepada sembilan kelompok di delapan kabupaten/kota yang alhamdulillah bisa menghasilkan produk-produk ramah lingkungan yang diluncurkan hari ini,” katanya.

Baca Juga:  Wagub Uu: OPOP Hadirkan Ekonomi Pesantren Mandiri

Selama ini, LPBINU merasa resah dengan beberapa produk seperti pembalut yang dipakai perempuan pada setiap datang bulan atau menstruasi. Pembalut merupakan sampah yang tidak bisa didaur ulang.

“Kita sama-sama tahu bahwa pembalut memberikan dampak banjir karena pendangkalan sungai. Sayangnya memang pembalut merupakan sampah yang tidak bisa didaur ulang. Inilah yang sebenarnya menggerakkan BSN LPBINU kenapa akhirnya kita membuat satu produk yang salah satunya adalah pembalut ramah lingkungan,” tutur Fitria.

Unutuk diketahui, acara peluncuran produk ramah lingkungan oleh BSN LPBINU itu dilaksanakan atas kerja sama yang dilakukan dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI dalam program padat karya dan kewirausahaan baru.

Baca Juga:  Oknum Kades Cipakat Ditetapkan Tersangka Penyalahgunaan Dana Desa

Program ini dilaksanakan oleh sembilan kelompok cabang BSN LPBINU dari delapan kabupaten/kota. Di antaranya adalah Cilacap, Bandung Barat, Kebumen, Surabaya, Lumajang, Ponorogo, Situbondo, Sumedang, dan Jakarta Pusat.

Kegiatan peluncuran produk ramah lingkungan ini juga digelar untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang jatuh pada setiap 21 Februari. Tahun ini, peringatan HPSN mengangkat tema Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi.

Berbagai produk yang dihasilkan bertujuan untuk mengurangi sampah perempuan yang tidak bisa didaur ulang. Antara lain adalah pembalut kain, kapas kain, dan konjac sponge. Kemudian, diproduksi juga berbagai produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun lerak, sabun luffa dari gambas atau oyong, sedotan kaca, dompet masker, masker kain, dan hand sanitizer. (Red)