Antisipasi Banjir, Ridwan Kamil Kebut Pembangunan Bendungan

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir Pemerintah Provinsi (Pemprov) mempercepat pembangunan beberapa bendungan guna menampung debit air ketika musim penghujan tiba.

“Musibah waktu itu (banjir) tanggap darurat sudah dilaksanakan. Pengurangan banjir sudah ada yang 100 persen yaitu pembelokan sungai, makanya di Bandung Raya relatif lebih terkendali,” kata Ridwan Kamil di Gedung Merdeka, Bandung, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga:  Inul Daratista Murka Neno Warisman Ajak Boikot Indomaret, Ini Sebabnya

Dia menyebut, pekerjaan mengurangi banjir sudah dilakukan dengan tepat dan cepat. “Menanggulangi hal ini (banjir), pengerjaannya sudah ada yang 100 persen, ada yang 50 persen dan juga yang masih berproses,” tuturnya.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Situ Cilodong Depok, Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyinggung soal bendungan Sadawarna yang kini dalam proses pembuatan. Menurutnya, setelah pembangunan bendungan tersebut rampung, beberapa daerah akan segera merasakan dampak positifnya.

“Bendungan Sadawarna sudah 50 persen. Kalau beres tahun ini InsyaAllah kawasan Subang, Pamanukan akan berkurang drastis,” ucapnya.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Jenguk KH Umar Basri

Selain bendungan Sadawarna, lanjut Ridwan Kamil juga sempat menyebut bendungan Sukamahi yang terletak di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor.

“Pak Jokowi minggu depan rencananya akan ke Sukamahi bendungan karena itu yang akan mengatur volume air ke Jakarta,” tutupnya. (RNU)