Catat! Ini Waktu dan Tempat Hari Tanpa Bayangan di Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan pada 2021 ini

Fenomena hari tanpa bayangan di Bandung diprediksi akan terjadi serentak pada 3 Maret 2021, yakni pada kisaran waktu pukul 12.01 WIB sampai 12.02 WIB. 

Selain di Bandung, wilayah lain di Jawa Barat yang akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan adalah di Sumedang, Cimahi, Kabupaten Bandung (Soreang), Bandung Barat (Ngamprah), dan Garut.

Baca Juga:  Tok! Terjerat Kasus Narkoba, Teddy Minahasa Divonis Seumur Hidup

Adapun wilayah jawa barat yang turut merasakan hari tanpa bayangan pada 4 Maret 2021 di antaranya ialah di Kabupaten Bogor (Cibinong), Indramayu, Bekasi, dan Depok. Pada 4 Maret 2021, fenomena ini terjadi sekitar pukul 12.02 WIB sampai 12.04 WIB.

Hari tanpa bayangan disebut dengan kulminasi. Fenomena ini terjadi ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Baca Juga:  Gak Main-main, Ada Klaster Corona Baru Pemkab Bogor Tutup 30 Pasar

“Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau si titik zenith. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat ‘menghilang’ karena bertumpuk dengan benda itu sendiri,” jelas BMKG dalam siaran persnya.

BMKG menjelaskan, fenomena tersebut dapat terjadi karena bidang ekuator Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi bumi, sehingga posisi matahari dan bumi akan terlihat berubah sepanjang tahun. 

Baca Juga:  Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika Direkomendasikan Erick Thohir, Pengamat: Sangat Memprihatinkan!

Hal ini disebut sebagai gerak semu matahari. Fenomena ini akan terjadi dua kali dalam setahun dengan waktu yang tidak jauh. 

Secara umum fenomena tanpa bayangan ini tidak hanya terjadi di Jawa Barat. Fenomena hari tanpa bayangan juga terjadi di provinsi lain, dengan waktu yang berbeda-beda sejak 22 Februari hingga Maret 2021. (Red)