Berikut Beberapa Manfaat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Hampir semua orang termasuk kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan biji wijen. Biji berukuran kecil ini memang lazim ditemukan di beberapa jenis kue dan makanan.

Mulai dari onde-onde, roti burger, hingga sushi menggunakan biji wijen sebagai taburannya. Biji wijen berasal dari tanaman dengan famili Pedaliaceae yang berasal dari Afrika. Tanaman ini mulanya dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati atau yang lebih dikenal dengan minyak wijen.

Baca Juga:  Kabupaten Sumedang Jadi Tuan Rumah MTQ ke-27 Tingkat Jabar

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat wijen bagi kesehatan tubuh:

Pertama. Baik Untuk Pencernaan – Wijen memiliki serat yang baik khususnya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat miliknya diyakini mampu merangsang gerak peristaltik makanan pada usus halus sehingga gangguan dan masalah pencernaan seperti sembelit dan diare bisa diminimalisir.

Kedua. Pelindung Radiasi – senyawa organik sesamol dalam biji wijen memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita. Senyawa tersebut berperan dalam melindungi DNA dari efek berbahaya radiasi sehingga risiko terjadinya kanker akibat mutasi sel karena radiasi dapat diminimalisir.

Baca Juga:  Soal Karir, Zodiak Ini Harus Banyak Istirahat, Terutama Ketenangan Pikiran

Ketiga. Menjaga kesehatan mulut – wijen memiliki sistem antibakteri dan zat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mulut seseorang. Terlebih lagi dari gangguan bakteri streptococcus, yaitu bakteri yang bisa mengganggu kesehatan rongga mulut.

Keempat. Mengurangi resiko diabetes – biji wijen bila dikonsumsi setiap hari bisa mengurangi kadar gula darah dengan cepat. Tak heran, khasiat ini kerap dimanfaatkan oleh penderita diabetes yang ingin menurunkan kadar gula darah dalam tubuhnya.

Baca Juga:  Mahasiswa UPI Purwakarta Gelar KKN Daring, Bantu Warga Lewati Pandemi

Kelima. Mencegah kanker – Selain vitamin, biji wijen juga dilengkapi dengan anti karsinogenik, mineral, kandungan fitat, serta thymoquinone. Kandungan tersebut dikenal baik untuk membantu menekan pertumbuhan sel kanker dan sel darah kotor di beberapa area. (MA)