Rangkuman Hoaks: Rekrutment TNI, Efek Samping Vaksin Hingga Jokowi Maju Di Pilpres 2024

JABARNEWS | JAKARTA – Direktorat Jendral Pengendalian Aplikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis beberapa berita yang dinyatakan bohong (Hoaks) pada Kamis (25/2/2021).

Simak ini beberapa berita yang telah dinyatakan hoaks oleh Kominfo, diantaranya:

1. [HOAKS] Rekrutmen Prajurit TNI AU Tituler Tahun 2021

Foto: Kominfo

Sebuah pesan berantai yang berisi informasi rekrutmen Perwira dan Bintara Tituler Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) untuk Tahun 2021 beredar di aplikasi WhatsApp.

Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan dalam akun Facebook resmi TNI AU menegaskan informasi perekrutan itu tidak benar.

Pihak TNI AU menyebutkan Tahun 2021 tidak merekrut prajurit tituler, sehingga jika ada informasi terkait perekrutan tersebut ditegaskan kabar itu hoaks.

Apabila masyarakat ingin mendapatkan informasi tentang rekrutmen prajurit TNI AU, dapat dilihat di akun resmi milik TNI AU diajurit.tni-au.mil.id.

Baca Juga:  Ketahuan Polisi Sedang Pesta Miras, Belasan Remaja di Tasikmalaya Kocar-kacir, Nekat Nyemplung Got

2. [DISINFORMASI] Foto Pria dengan Wajah Bengkak Akibat Efek Samping Vaksin Moderna

Foto: Kominfo

Beredar postingan dengan foto dua orang pria dengan wajah dan mata bengkak atau Monsterisme yang diklaim sebagai akibat dari efek samping vaksin COVID-19 Moderna.

Faktanya, pembengkakan wajah dan mata pada dua pria dalam foto tersebut sama sekali tidak terkait dengan vaksin COVID-19 Moderna.

Dilansir dari dailymail.co.uk, kisah salah satu pria dalam foto tersebut pernah diangkat dalam sebuah artikel dengan narasi “wajah ayah membengkak hingga tiga kali lipat setelah menderita penyakit misterius yang awalnya disebut masalah sinus”.

Pria itu bernama Romulo Pilapil, seorang tukang kayu dari Filipina yang sebelumnya mengalami gejala awal mata gatal dan hidung meler lalu terjadi pembengkakan setelah diberi obat.

Baca Juga:  Diego Maradona Jalani Operasi Otak, Begini Kondisinya

Adapun foto pria kedua ditemukan dalam sebuah jurnal laporan kasus kesehatan berjudul “Alcohol-related massive eyelid swelling: case report” yang terbit tahun 2007.

Artikel tersebut terbit pada Juli 2019, sebelum COVID-19 pertama kali muncul di Wuhan pada Desember 2019 lalu.

Jurnal tersebut membahas tentang reaksi hipersensitivitas dermatologis yang mungkin muncul akibat minuman beralkohol. Dalam keterangannya, pria itu mengalami pembengkakan orofacial yang mencolok, dengan pembesaran yang intens dan penutupan total kelopak mata akibat alkohol.

3. [DISINFORMASI] Jokowi Dikabarkan Kembali Maju di Pilpres 2024

Foto: Kominfo

Beredar di media sosial sebuah artikel yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo Kembali maju pada Pilpres 2024. Artikel tersebut disertai judul “Jokowi Kembali Maju di Pilpres 2024, Rakyat akan Sangat Bahagia Sebab Rakyat Amat RI Amat Menyayanginya”.

Baca Juga:  Kota Bogor Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Beladiri Nasional, Dedie Abdul Rachim Inginkan Ini

Faktanya, judul artikel tersebut telah diedit. Setelah ditelusuri lebih lanjut, judul asli artikel tersebut adalah “Jokowi Kembali Maju di Pilpres 2024 ?, Rakyat akan Sangat Marah!” yang dimuat pada situs fin.co.id pada 17 Februari 2021.

4. [DISINFORMASI] Polisi China Latihan di Lippo Cikarang

Foto: Kominfo

Telah beredar di media sosial Facebook, sebuah video yang diklaim memperlihatkan pasukan Polisi Tiongkok sedang menggelar latihan di gedung perbelanjaan, Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Faktanya, klaim Polisi China melakukan latihan di Lippo Cikarang baru-baru ini adalah salah. Video tersebut merupakan video rekaman pasukan Korps Brimob Polri yang sedang berlatih “urban warfare” di Distrik 1 Meikarta, Lippo Cikarang, Sabtu, 20 Februari 2021. (Red)