Uji Coba GeNose C-19, Pelni: Tetap Prioritaskan Prokes

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Perhubungan membuat langkah mengenai kebijakan penerapan penggunaan GeNose C19. Hal ini juga didukung oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dan ini menjadi salah satu alternatif syarat keberangkatan untuk penumpang kapal Pelni.

Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Opik Taupik mengatakan bahwa kebijakan ini sebagai bentuk dukungan Pelni terhadap produk lokal Indonesia.Perseroan juga mendukung penuh kebijakan penerapan GeNose C19 di kapal Pelni

Baca Juga:  Miris! Ratusan Siswa di Cianjur Belajar Dengan Ancaman Bangunan Ambruk

“Hingga saat ini, Pelni masih mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan yaitu SE 18 Tahun 2021 dan SE 22 Tahun 2021 untuk perjalanan menggunakan kapal Pelni,” ucap Opik Taupik pada Jumat (21/2/2021).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau langsung uji coba pertama penerapan Genose C19 di Terminal Penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok.

Uji coba penerapan GeNose C19 ini dilaksanakan oleh Menteri Perhubungan bersama dengan Direktur Utama Pelni, Insan Purwarisya L. Tobing dan stakeholder kepelabuhan lainnya.

Baca Juga:  Tak Hanya Covid-19, Kasus DBD di Cianjur Cukup Tinggi, Dua Orang Meninggal

“Pak Menhub meninjau langsung kesiapan penerapan GeNose C19 untuk transportasi laut pada hari ini di lokasi pertama. Sebanyak lima alat GeNose C19 telah disiapkan untuk uji coba bagi penumpang KM Dorolonda yang berangkat pada Jumat (26/02) pukul 15.00 WIB menuju Surabaya,” jelas Opik Taupik.

Baca Juga:  Ono Surono Dorong Percepatan Penurunan Angka Stunting di Indramayu

Pelni mengajak seluruh pihak-pihak yang terkait termasuk Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mendorong penerapan kebijakan GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan kapal Pelni.

“Harapannya adalah kebijakan GeNose C19 ini segera diterapkan, karena tes ini lebih efektif dan tentunya dapat meringankan biaya saat akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut.” pungkas Opik Taupik. (Han)