DPRD Jabar Harap Jokowi Tepati Komitmen Selesaikan Tol Cisumdawu

JABARNEWS | BANDUNG – DPRD Provinsi Jawa Barat berharap komitmen Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu). Hal tersebut dapat menjadi pembuka akses menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jabar.

“Mudah-mudahan, Pak Jokowi tetap komit ya menyelesaikan tol Cisumdawu. Paling tidak, tahap satu ini diberesin di akhir tahun 2021 ini,” kata Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady di Bandung, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Selasa 9 Agustus 2022

Dia beranggapan bahwa jalan tol Cisumdawu tidak mungkin diselesaikan dalam dua bulan sebagaimana yang telah dikatakan Presiden.

“Kan katanya lebaran. Itungan saya, nggak bakal kekejar. Barusan, saya baru dari Sumedang. Nggak bakal kekejar tuh, dua bulan tiga bulan lagi. Dari fisiknya saja dilihat. Silahkan, kawan-kawan wartawan lihat. Menyelesaikan dua bulan, mana bisa selesai,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lindungi dari Paparan Covid-19, Petugas Lapas Purwakarta Diberikan Multivitamin

Daddy memperkirakan, tahap satu tol Cisumdawu selesai di akhir tahun 2021 ini. “Hitungan saya mungkin agak realistis, tahap satu, sampai Cimalaka itu, sampai akhir tahun, menurut saya mestinya bisa dikejar,” tegasnya.

Daddy menjelaskan, pada tahun 2022 baru garap tahap kedua, fase empat, lima, dan enam. Itu cuma beberapa kilometer, hitungannya tidak sampai 30 kilometer agar proyek strategis nasional cepat selesai, makanya semua harus didorong.

Baca Juga:  Plt Bupati Cianjur Kunjungan ke SMPN 1 Tanggeung

“Jadi, semua, saya kira harus didorong,” jelasnya.

Tak hanya itu, Daddy juga menyampaikan bahwa terminal kedatangan dan keberangkatan pesawat, terutama yang menggunakan label BI (bandara internasional) butuh nilai lebih.

“Pertama, harus ada dong disitu, terminal yang jauh lebih keren. Pembenahan lah. Yang kedua, mungkin ada hotel,” tutupnya. (RNU)