JMN Channel


Kreatif, Pria Ini Menyulap Sampah Jadi Karya Seni Mewah

Selain mengurangi produksi sampah, mengerjakan kerajinan juga membuat dirinya bahagia.

Ade Syarifudin, pengrajin yang mengubah sampah jadi karya seni. (Foto: Disdik Jabar)

JABARNEWS I BANDUNG - Ada banyak cara mengubah sampah menjadi karya. Dengan tangan kreatifnya, Ade Syarifudin (58) menyulap kaleng minuman bekas menjadi kerajinan unik, menarik, dan mewah. 

Hanya mengandalkan alat bantu seperti gunting, obeng, tang, kuas, gergaji, dan kikir besi, Ade bisa mengubah kaleng bekas menjadi miniatur vespa, motor gede (moge) hingga robot. 

Baca Juga:

Lapangan Gasibu Bandung, Tempat Cocok Untuk Ngabuburit

Selasa & Jumat Ramadhan, Tradisi PWI Kota Bandung Berbagi Tajil



Ade mengaku, membuat kerajinan adalah hobinya. "Ini hobi saya, soalna resep ka seni," ujar Ade di kediamannya di Jalan Sasak Gantung Gang Ratna, Kota Bandung, dikutip dari laman Disdik Jabar, Minggu (28/2/2021).

Pria empat anak ini mengungkapkan, dirinya menyenangi seni sejak muda. Sebelum membuat kerajinan, ia adalah seorang pelukis. Namun karena alat yang dibutuhkan cukup mahal dan kurang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, ia pun mencoba hal baru.

Di saat yang sama, anak-anak di lingkungannya minta dibuatkan kerajinan tangan dari kaleng bekas untuk tugas sekolah. "Saya coba iseng-iseng, ternyata lumayan gitu. Dari kaleng bisa jadi karya seni," tuturnya. 
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Sampah Kaleng Minuman Bekas Kerajinan Unik Karya Seni Bandung

berita terkait

Tiga Tempat Wisata Kuliner Bandung, Cocok Untuk Tempat Bukber

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi