JMN Channel


Sejarah Singkat Purwakarta Dan Kisah Tragedi Tanam Paksa

Kabupaten Purwakarta memiliki peran penting dalam sejarah kesejahteraan Karawang karena Purwakarta merupakan Ibukota Karawang.

Sejarah Singkat Purwakarta (Foto: Instagram\radenwicak28)

JABARNEWS | BANDUNG - Purwakarta merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sejarah yang sangat menarik untuk kita ulas, Pasalnya dahulu purwakarta merupakan salah satu daerah yang masih termasuk wilayah Karawang.

Menurut salah satu sejarahwan muda yang bernama Naurid Muhammad Rifa'i, ia mengatakan dahulu Kabupaten Purwakarta memiliki peran penting dalam sejarah kesejahteraan Karawang karena Purwakarta merupakan Ibukota Karawang.

Baca Juga:

Warga Bandung Barat Perlu Waspadai Cuaca Ekstrem hingga 19 April 2021, Ada Apa?

Waspada! Jabar Jadi Daerah Rawan Cuaca Ekstrem Beberapa Hari Kedepan



Pada Tahun 1830, Pada masa Karawang dipimpin oleh Surya Winata. Beliau memindahkan Ibukota Karawang dari Wanayasa Ke Sindangkasih pada saat itu juga terjadi salah satu musyawarah yang dilakukan oleh petinggi pemerintahan yang menjabat pada massa tersebut dan dilakukan di Bumi Ageung.

Dari rapat tersebut keluarlah nama Purwakarta yang berarti awal kesejahteraan, nama tersebut merupakan usulan dari salah seorang penasehat bernama Purbasari dan nama tersebut hingga kini digunakan sebagai nama Kabupaten Purwakarta.


Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Sejarah Purwakarta Tanam Paksa Kabupaten Purwakarta Kabupaten Karawang Johannes van den Bosch Surya Winata

berita terkait

Hujan Deras, Banjir Rendam Sejumlah Ruas Jalan di Bandung

Sejumlah Pohon Tumbang Saat Peristiwa Hujan Es di Bekasi

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi