Kapal KRI Dewaruci Kembali Bersandar Di Pelabuhan Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Kapal kebanggaan TNI Angkatan Laut, KRI Dewaruci bersandar di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon, Senin (28/02/2021) siang. Untuk melakukan serangkaian kegiatan open ship bagi masyarakat Kota Cirebon.

Kapal buatan Jerman dengan berat 847 ton dengan panjang sekitar 580 meter itu, sebelumnya bersandar di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon pada tahun 2017 silam. Dan kini di tahun 2021 Kapal bersejarah itu kembali bersandar di tempat yang sama dan menjadi tempat wisata dadakan bagi masyarakat sekitar.

Kedatangan KRI Dewaruci ke Cirebon ini merupakan rangkaian pelayaran memperingati hari Dharma Samudra di Jakarta. Selain Cirebon, KRI Dewaruci singgah di beberapa kota yakni Semarang dan Tuban.

Baca Juga:  Pria dengan Luka di Dagu Tergeletak di Pinggir Jalan di Banjar

Kedatangan KRI Dewaruci, di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon ini disambut langsung komandan pangkalan TNI angkatan laut (Danlanal) Cirebon beserta jajarannya. Selama berlabuh, kapal tipe layar tinggi milik TNI angkatan laut (AL) ini akan menggelar sejumlah kegiatan, salah satunya adalah open ship.

“Kapal ini membawa anggota pramuka saka bahari, mahasiswa, FKPPI dan siswa akademi pelayanan dalam rangka membina generasi muda maritim untuk mengetahui luas laut indonesia dan kehebatan angkatan laut indonesia.” kata Komandan KRI dewaruci Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso. Senin (01/03/2021).

Baca Juga:  Nadiem Makarim Sebut Keinginan Daerah Membuka PTM Masih Rendah

Dengan berlabuhnya kapal ini, semangat kemaritiman warga Cirebon semakin tumbuh, terutama bagi generasi muda. Warga di cirebon yang penasaran dengan kapal perang milik TNI angkatan laut ini dibolehkan naik ke atas kapal, hingga 3 maret 2021 mendatang.

“KRI Dewaruci akan berada di Pelabuhan Cirebon selama 3 hari hingga 2 Maret 2021. Dan masyarakat diperbolehkan naik ke atas kapal,” katanya.

Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso, mengaku bangga bisa bersandar di Cirebon. Pasalnya, ia pertama kalinya datang ke wilayah cirebon terlebih membawa KRI Dewaruci, dengan misi pelayaran dari Surabaya ke Jakarta kemudian turut mensukseskan beberapa agenda seperti Hari Samudra dan berbagai agenda dari Dispenal Pembinaan Potensi kemaritiman dan kegiatan lainnya.

Baca Juga:  Gara-gara Makan Buah Rambutan, Tante Tega Setrika Bocah di Simalungun

“Hari ini untuk 3 hari ke depan kami ada di Pelabuhan Cirebon yang mau lihat dan berkunjung dan melihat kapal layar Sang Legenda datang saja ke pelabuhan Cirebon,” katanya.

Sementara itu, dijelaskan Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putra mengatakan, KRI Dewa Ruci pelayaran kebaharian di pesisir Pulau Jawa. Salah satunya di Cirebon.

“Cirebon sejak dulu sudah dikenal dengan kebaharian. Bahkan sebelum Kerajaan Mataram. Atau dikenal dengan Sarwajala. Oleh karenanya KRI Dewa Ruci kembali bersandar di Pelabuhan Cirebon,” katanya. (Arn)