Kabupaten Pangandaran Bakal Buat TPA Sampah Baru, Ini Lokasinya

JABARNEWS | PANGANDARAN – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, pihaknya berencana membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Desa Bojongsari, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Pembangunan TPA itu sendiri langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Masih dalam tahapan persiapan. Mudah-mudahan saja anggaran yang direncanakan tidak hanya terfokus untuk penanganan Covid-19,” kata Tonton dikutip dari poskotajabar.co.id, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga:  Tinggal Dengan Jenasah Dalam Satu Rumah, Ini Dia Tanggapan Warga Terkait Keluarga Neneng

Dia menjelaskan, Pemprov Jabar yang meminta pembuatan Basic Engineering Design (BED), kemudian Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan lain-lain. Sehingga, untuk waktu dimulainya pembangunan TPA tersebut belum bisa dipastikan.

Baca Juga:  Ini Rekomendasi Tempat Munggahan yang Asyik di Purwakarta

Menurut Tonton, estimasi anggaran untuk pembangunan TPA itu dikisaran Rp 24 miliar. Namun, lanjut dia, dirinya mendengar mendengar kabar dananya turun menjadi Rp 17 miliar.

Tonton juga mengungkapkan, hingga saat ini penyodetan pada jalur sungai sedang dilakukan. Tak hanya penyodetan, penyaringan limbah juga dilakukan.

Selain itu akan dibantu dengan lubang asap saluran udara supaya tidak meledak. Sehingga, ketika keluar air sudah bersih dan tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga:  Baru Dilantik, Wagub Uu Di Gugat

“Saya menjamin, keberadaan TPA tersebut tidak akan menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan disekitarnya. Karena itu, kita juga persiapkan dengan baik agar tidak berdampak kepada warga sekitar,” tutupnya. (Red)