Live Stream Bandung 132 TV


Jabar Krisis Petani, Komisi II DPRD: Harus Ada Regenerasi dan Keberpihakan

Edi Rusyandi mengungkapkan bahwa harus ada program regenerasi petani yang terpadu dan komprehensif diiringi strategi yang tepat agar generasi baru mau terjun di bidang pertanian.

Anggota Komisi II DPRD Jabar Edi Rusyandi saat kunjungan di Kelompok Sinar Hati Pasir Pogor, Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Edi Rusyandi).

JABARNEWS | BANDUNG - Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Edi Rusyandi mengatakan, saat ini sudah sangat langka kalangan muda yang berminat terjun di bidang pertanian. Menurutnya, alih generasi petani belum berjalan dan masih didominasi kalangan tua.

"Jika dibiarkan, kita akan mengalami krisis regenerasi petani. Karena petani yang ada sudah tidak produktif lagi. Tentu saja ini sangat memprihatinkan. Padahal negara kita dikenal dengan corak dan karakter agraris," kata Edi Rusyandi di sela sela kunjungannya di Kelompok Sinar Hati Pasir Pogor, Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/3/2021).

Baca Juga:

Kena Tipu Calo, Uang Ratusan Juta Milik Peserta CPNS di Ciamis Raib

BMKG Sebut Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Terjadi di Daerah Ini



Fenomena ini, lanjut Sekretaris Fraksi Partai Golkar ini, harus menjadi perhatian para stakeholder pertanian, baik di pusat maupun daerah. Jika dibiarkan, akan menjadi ancaman bagi ketersediaan pangan di tengah laju pertumbuhan penduduk negara Indonesia.

"Ada kesan seolah menjadi petani itu profesi rendahan, kasar, dan tidak menjanjikan kesejahteraan. Itu telah menjadi mindset di kalangan petani sendiri," tutur Wakil Ketua GP Ansor Jabar ini.

Dalam menghadapi tantangan ini, Edi Rusyandi mengungkapkan bahwa harus ada program regenerasi petani yang terpadu dan komprehensif diiringi strategi yang tepat agar generasi baru mau terjun di bidang pertanian.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : DPRD Jabar Krisis Petani Edi Rusyandi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Biografi R.A. Kartini, Sosok Inspiratif Kaum Perempuan

Tanpa Dicicil, THR PNS Dibayarkan H-10 Lebaran

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi