Gunung Sinabung 13 Kali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 5000 Meter

JABARNEWS I KARO – Gunung Sinabung yang berada Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi dengan tinggi  kolom abu hampir 5000 meter dan guguran awan panas dengan luncuran 4500 meter arah Timur Tenggara, Selasa (2/3/2021).

Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, gunung Sinabung terjadi peningkatan aktivitas dengan erupsi sebanyak 13 kali, terlihat secara visual dari puncak gunung  tinggi kolom abu mencapai hampir 5000 meter dan guguran awan panas mencapai 4500 meter arah Timur Tenggara.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Terduga Pengedar Sabu di Cirebon

“Hari ini gunung Sinabung terjadi 13 kali erupsi sejak pukul 06.42 WIB sampai pukul 8.20 WIB,” katanya.

Dikatakannya, walau terjadi meningkatan ativitas begitu signifikan, namun status gunung Sinabung masih pada level 3 (siaga). Untuk dampak abu vulkanik dialami beberapa desa disekitar gunung Sinabung.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/JQ1KOgPSVV4″ frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

“Sampai saat ini status gunung Sinabung masih pada level 3 (siaga),” katanya.

Baca Juga:  AMSI Jabar Gelar Konferwil

Menurutnya, warga dan wisatawan agar tidak melintasi atau memasuki kawasan zona merah untuk melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi dengan radius 3 sampai 5 Km dari puncak gunung Sinabung. Mengingat terus meningkatnya aktivitas gunung yang terjadi beberapa hari ini.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Generasi Muda

“Kita minta masyarakat dan wisatawan agar tidak memasuki radius 3 sampai 5 Km, jika terjadi hujan abu agar menggunakan maskes guna mengurangi dampak terhadap kesehatan,” katanya. (Ptr)