Mengenal Gunung Cupu Sebagai Tempat Wisata Purwakarta Dan Mitos Kuda Terbang

JABARNEWS | BANDUNG – Berlokasi di Kampung Gunung Cupu Rt 01/01 Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Gunung Cupu ini merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan salah satu destinasi wisata.

Hingga saat ini banyak orang mengenal Gunung Cupu hanya sebatas gunung batu dengan kontur tanahnya yang penuh dengan bebatuan. Padahal bukit atau gunung yang memiliki ketinggian sekitar 300 meter diatas permukaan laut (mdpl) ini memiliki potensi wisata.

Baca Juga:  Inilah Mitos-mitos yang Masih Dipercaya Tapi Membahayakan Bayi, Kalian Pernah Lakukan?

Disana kalian bila melakukan pendakian dengan dengan cara tektok atau bolak-balik dilakukan selama hari itu juga, tentunya hal tersebut salah satu yang membedakan dengan gunung-gunung lainnya.

Selain itu di gunung cupu ini terdapat beberapa mitos yang sempat menghebohkan masyarakat sekitar, dilansir dari kesatu.co menurut informasi masyarakat Gunung Cupu ini ada yang menunggu atau mendiami gunung tersebut yang bernama Cupu Manik.

Baca Juga:  Pasca Bom Bunuh Diri, Polri Tangkap 13 Terduga Teroris di Tiga Daerah

Serta menurut Pria lanjut usia yang akrab disapa Ki Irat ini menuturkan, dahulu kala Cupu Manik atau yang pada zaman dulu akrab disapa Eyang Dalem Cupu Manik ini memiliki seekor kuda bersayap atau Pegasus.

Kuda tersebut seringkali terbang kesana-kemari, seperti dari Gunung Hejo ke Gunung Cupu. Hingga saat ini, jejak kaki kuda tersebut masih nampak jelas di bagian puncak gunung tersebut.

Baca Juga:  30 Mitra Jawa Barat Siap Umroh Bareng Grab

Bahkan kabarnya di puncak Gunung Cupu terdapat sebuah gua kecil yang konon sering dijadikan sebagai tempat pertapaan, baik oleh warga sekitar maupun warga yang berasal dari luar Kabupaten Purwakarta.

Tentunya hal tersebut sangat seru kita ulas dan sewaktu-waktu kalian bisa mengunjungi tempat-tempat yang berada di gunung cupu tersebut untuk digunakan sebagai tempat berwisata di akhir pekan. (MA)