Uu Ruzhanul Ulum Sebut Islam di Jawa Barat Berasal dari Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyatakan bahwa penyebaran Islam di wilayah Jabar dan sekitarnya berasal wilayah Cirebon.

Hal itu diungkapkannya saat kunjungan ke Pesantren Tarbiyatul Banin di Kelurahan Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Selasa (2/3/2021).

Menurutnya, Islam di Jabar berasal dari Cirebon. Sebab, Cirebon merupakan wilayah yang bersejarah dengan peradaban Islamnya.

“Islam yang ada di Sukabumi, Tasik, Bandung dan sebagian wilayah di Jabar semua Islamnya berasal dari Cirebon,” kata Uu Ruzhanul Ulum.

Baca Juga:  Simak! Ini Penjelasan Hari Libur Maulid Nabi, 19 Oktober 2021 atau 20 Oktober 2021?

Dia menjelaskan, selama ini pesantren sudah banyak membantu pemerintah. Kontribusi pesantren tidak diragukan lagi dengan ikut membantu pembangunan negeri di berbagai sektor.

“Pondok pesantren ini sudah beberapa ribu alumninya baik keluaran SLTA maupun perguruan tinggi yang mampu memahami ilmu agama. Yang luar biasanya lagi mereka ikut berkontribusi kepada bangsa dan negara,” jelasnya.

Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan orang yang memahami ilmu agama. Khususnya dari kalangan para santri.

“Kita semua merasakan, sudah jarang orang hidup di pesantren. Dulu orang dari pesantren pergi bekerja keluar pesantren dan pulang ke pesantren lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Tak Ketahuan, Pasien Melahirkan Di Toilet

“Artinya, santri-santri ini manusia yang sangat berharga. Mereka menjadi intan-intan Jawa Barat yang akan menjadi penerang bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Tarbiyatul Banin KH Abdul Mujib mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum ke ponpes ini.

“Saya sebenarnya kaget juga dengan kedatangan Pak Wagub Uu ke pesantren. Tetapi kami sudah biasa kalau di pesantren ada pejabat dadakan datang,” ucap KH Abdul.

Baca Juga:  BMKG, Informasi Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Jumat 24 Maret 2023

KH Abdul menyampaikan bahwa pesantren Tarbiyatul Banin ini sudah berdiri sejak tahun 1989 yang asal muasal dulu dari Sedayu Gresik. Bahkan, sangat banyak santri dan utusan wali santri meminta izin untuk mendirikan pesantren di Cirebon.

“Alhamdulillah setelah sekian puluh tahun pesantren ini berdiri, sudah ada sekolah di dalamnya mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi yang ada di Pesantren Tarbiyatul Banin,” tutupnya. (Arn)