Berwisata Di Gunung Tangkuban Parahu Bandung Sambil Menikmati Keindahan Kawah Ratu

JABARNEWS | BANDUNG – Tangkuban Parahu merupakan salah satu gunung yang biasa dijadikan destinasi wisata, Terletak di perbatasan Bandung Barat dan Kabupaten Subang tentunya tempat wisata satu ini bisa kalian kunjungi.

Di sana para pengunjung akan disuguhkan rimbun pohon pinus dan hamparan perkebunan kebun teh yang berada di sekitar-nya. Menurut administratif, gunung aktif Lembang Bandung memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter.

Selain itu, di sekitar gunung Tangkuban perahu ini terdapat beberapa tempat wisata air panas yang bisa kalian kunjungi, bahkan kalian bisa juga menginap karena ada beberapa tempat penginapan di sekitar gunung tersebut.

Baca Juga:  Unpad Jalin Kerjasama Dengan Tujuh RSUD di Jabar

Menurut legenda gunung Tangkuban Parahu ini terbentuk dari sebuah perahu yang terbalik, alkisah ada seorang anak bernama sangkuriang, ia merupakan seorang yang memiliki kekuatan sakti.

Akan tetapi ia belum mempunyai pasangan hidup, suatu hari Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita cantik yang bernama dayang sumbi. Hal tersebut membuatnya jatuh cinta, padahal sebenarnya dayang sumbi adalah ibu dari Sangkuriang.

Dayang Sumbi mencari cara Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat, salah satunya Sangkuriang harus membuat perahu dalam semalam.

Baca Juga:  Tim SAR Temukan Santri Hilang Terseret Ombak di Pantai Cieurih Cianjur

Saat menyadari usahanya untuk memenuhi syarat itu gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Ketika kalian berkunjung ke tempat wisata Gunung Tangkuban Parahu, kalian akan disuguhi pemandangan kawah yang indah. Sebenarnya, gunung tersebut memiliki tiga kawah yang bisa menjadi pilihan kalian ketika berkunjung kesana. 

Seperti kawah Ratu kawah satu ini merupakan salah satu kawah terbesar dan terpopuler di tempat wisata gunung Tangkuban Parahu ini. Untuk kawah yang kedua bernama Kawah Domas, dan yang ketiga atau yang terakhir bernama Kawah Upas.

Baca Juga:  Cianjur PPKM Level 4, Keterisian Hotel Justru Naik 100 Persen

Untuk datang ke tempat wisata satu ini kalian bisa memilih beberapa jalur sperti ketika kalian berangkat dari bandung, Anda tinggal menuju arah jalan Setiabudi -> Jl. Raya Lembang -> Jl. Tangkuban Perahu -> Gerbang Atas -> Tangkuban Perahu.

Dan untuk dari arah Jakarta – subang, Jakarta – Cikampek -> Purbaleunyi -> Exit Sadang -> Sadang -> Purwakarta -> pasawahan -> Wanayasa -> Sagalaherang -> Jalan cagak -. Ciater -> Gerbang Atas -> Kawasan wisata Tangkuban Perahu. (Mal)