Deteksi Kelainan Sejak Dini, Personel Polres Purwakarta di Cek Kesehatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna mendukung dan menjaga kesehatan anggota yang sedang melaksanakan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat seluruh anggota Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta ikuti Pemeriksaan Kesehatan Berkala Tahun 2021, di Mapolres Purwakarta, Jalan Veteran, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kepala bagian sumber daya manusia (Kabag Sumda), Kompol Arfai Christian mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang digelar secara berkala ini dilakukan untuk mengetahui Kondisi Kesehatan Personel Polres Purwakarta.

“Kegiatan ini kami gelar untuk mengetahui kondisi kesehatan para personil Polres Purwakarta. Pemeriksaan kesehatan atau medical check up (MCU) ini untuk mengetahui status kesehatan, bukan mendiagnosa gejala atau mengobati penyakit,” ungkap perwira polisi yang akrab disapa Chries itu, saat ditemui di sela-sela kegiatan tersebut, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga:  Ketum PBNU Ajak Masyarakat Majalengka Jaga Pilpres Damai

Dibantu tim Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Purwakarta, sambung dia, pemeriksaan kesehatan berkala dimulai dari tahapan pendaftaran personel, kemudian pemberian formulir, pengambilan darah dan urine.

Selanjutnya observasi tanda-tanda vital seperti cek tekanan darah dan nadi, pengecekan EKG, observasi treadmill, pengecekan ontogram dan terakhir pengisian pertanyaan dalam therapy kesehatan jiwa.

Baca Juga:  Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Tebing Tinggi

“Tujuan pemeriksaan ini, sebagai deteksi dini kelainan kesehatan pada anggota polri yang ada di Polres Purwakarta. Sehingga demikian dapat diambil langkah-langkah yang diperlukan menangani penyakit yang diderita,” papar perwira polisi berpangkat satu melati di pundaknya itu.

Chries menjelaskan, pemeriksaan kesehatan berkala juga dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Polri dalam mendukung pelaksanaan tugas kepolisian.

Baca Juga:  Ramai di Media Sosial, Polisi Usut Kasus Pembakaran Al Quran

“Prinsipnya kegiatan ini untuk menghindari atau mengantisipasi serta dapat mengambil tindakan cepat kalau ada personil yang sakit. Semakin dini dikelola suatu penyakit akan dapat sembuh lebih cepat, intinya lebih baik mencegah daripada mengobati,” tutur Chries.

Diketahui, Pemeriksaan kesehatan diikuti Bintara hingga Perwira dan semua personel Polres Purwakarta, itu menggunakan dipa Bid Dokkes Polda Jabar.

“Kami harapkan dalam kegiatan ini, seluruh anggota Kepolisian Polres Purwakarta, mendapatkan hasil yang baik, dan intinya sehat,” tungkasnya. (Gin)