Gunung Sinabung Erupsi, BPBD Karo Bersihkan Abu Vulkanik Di Tiga Kecamatan

JABARNEWS | KARO – Pasca erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara tinggi kolom abu mencapai 5000 meter dan luncurkan awan panas 4500 meter, membuat sejumlah desa di tiga Kecamatan diselimuti abu vulkanik, Selada (2/3/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin angin mengatakan, pihak BPBD Karo bekerjasama dengan pemadam kebakaran telah melakukan pembersihan disejumlah badan jalan yang terdampak abu vulkanik gunung Sinabung.

Baca Juga:  Kerja Sama Polri Bersama Interpol Lacak Buronan Teroris

“Sudah melakukan pembersihan jalan yang ditutupi abu vulkanik dengan menggunakan mobil damkar,” katanya, Rabu (3/3/2021).

Dijelaskannya, selain melakukan pembersihan abu vulkanik di jalan, BPBD Karo juga membagikan masker bagi warga yang melintas disekitar lokasi agar terhindar dari dari abu vulkanik.

Baca Juga:  Petugas Amankan Dua Kendaraan Pembawa Miras saat Penyekatan Lingkar Gentong

“Kita juga bagikan masker secara gratis kepada warga dilokasi terdampak abu vulkanik,” ucap Natanael.

Selain itu, kata dia, BPBD menghimbau masyarakat dan wisatawan agar tidak memasuki zona merah dengan radius 3 sampai 5 Km dari puncak gunung Sinabung. Melihat aktivitas gunung Sinabung saat ini terus meningkat.

Baca Juga:  Curi Sepatu di Masjid Agung Manonjaya, Seorang Pemuda Diamuk Massa

“Kita himbau masyarakat dan wisatawan agar menjauhi zona merah, sebab aktivitas gunung Sinabung terus terjadi peningkatan,” ungkapnya. (red)