Acil Bimbo Sambangi Wyata Guna Bandung Bahas Gerakan Jaga Lembur

JABARNEWS | BANDUNG – Sejalan dengan perkembangan zaman, banyak hal mengalami perubahan, termasuk nilai-nilai sosio kultural, persepsi politis ideologis, dan sebagainya. Di sisi lain, warisan kultural dari nenek moyang berupa nilai dan akar tradisi, termasuk kearifan lokal, mengalami pelunturan dan penggerusan.

Atas dasar hal tersebut, Bimbo mencanangkan Gerakan Jaga Lembur. Personel band religi Bimbo Acil mengatakan, salah satu nilai-nilai budaya lokal yang harus dipertahankan yakni pentingnya memelihara kampung halaman.

Baca Juga:  Ineu: Dalam Tiga Bulan RPJMD Harus Sudah Tersusun

“Gerakan jaga lembur yang tujuannya untuk menerapkan kembali nilai-nilai luhur budaya kita dalam menjawab berbagai persoalan bangsa saat ini,” kata Acil di Balai Disabilitas Wyata Guna, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Tokoh, Musisi serta Budayawan Jawa Barat ini menilai, berbagai permasalahan yang terjadi di negeri ini bisa diatasi ketika masyarakat secara arif mengembalikannya kepada nilai-nilai budaya lokal.

Baca Juga:  Dijual Satu Jutaan Iphone 11 Versi Rekondisi Di Apple Store Amerika

“Sebab saat ini, budaya lokal kian tergerus budaya asing seiring dengan masifnya perkembangan teknologi dan informasi,” ucapnya.

Pada kesempatan kunjungannya ke Balai Wyata Guna, Acil melakukan diskusi sebagai salah satu upaya untuk membangun sinergi dalam gerakan jaga lembur yang didalamnya pemenuhan dan perlindungan atas hak-hak penyandang disabilitas.

Adanya Dukungan Balai Wyata Guna dalam Gerakan Jaga Lembur juga sebagai kolaborasi strategis dalam melakukan implementasi Atensi berbasis komunitas. Komunitas memiliki peran yang sentral dalam ikut mengentaskan permasalahan-permasalahan kesejahteraan sosial terutama pada penyandang disabilitas.

Baca Juga:  Peredaran Miras Marak, Bupati Bandung: Musnahkan Mental Pemabuk

Disela kunjungannya Kepala Balai Disabilitas Wyata Guna,Sudarsono menyerahkan 30 Juz Al-quran Braille sebagai bentuk dukungan awal Balai Disabilitas Wyata Guna,dan kegiatan ini akan dibahas dan diagendakan lagi dalam Silaturahmi selanjutnya. (RNU)