Gunung Sinabung Kembali Muntahkan Awan Panas Setinggi 2000 Meter

JABARNEWS | KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitas dengan memuntahkan awan panas 2000 meter arah Tenggara Timur, Rabu (3/3/2021).

Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, gunung Sinabung luncurkan awan panas dengan jarak luncur 2000 meter arah Tenggara Timur dengan Amplitudo 1.20 mm, durasi 237 detik arah angin ke timur.

Baca Juga:  Ketua KPU Purwakarta: Akurasi DPT Pemilu 2019 Harus Dikawal

“Tadi sore gunung Sinabung luncurkan awan panas dengan jarak luncur 2000 meter arah Tenggara Timur,” katanya.

Ia menjelaskan, dalam beberapa hari ini, terlihat peningkatan aktivitas gunung Sinabung. Tingginya aktivitas yang begitu signifikan menyebabkan terjadinya erupsi dan guguran awan panas.

Baca Juga:  Sanghyang Heuleut, Wisata Alam Eksotis Purbakala

“Terjadi peningkatan aktivitas yang begitu signifikan membuat gunung Sinabung terjadi beberapa erupsi dan guguran awan panas,’ ungkap Armen.

Ia minta agar masyarakat tetap waspada dan tidak memasuki zona merah dengan radius 3 sampai 5 Km dari puncak gunung Sinabung guna menghindari dampak dari awan panas dan debu vulkanik.

Baca Juga:  Jadwal dan Lokasi Shalat Idul Adha Di Jabodetabek dan Bandung

“Kita himbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas sekitar zona merah di radius 3 sampai 5 Km untuk menghindari dampak awan panas dan abu vulkanik,” bilangnya. (Ptr)