PKM Unisba Beri Pelatihan Komunikasi Era New Normal Pada Tenaga Motekar

JABARNEWS | BANDUNG – Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan melakukan pelatihan keterampilan komunikasi efektif dalam pemberdayaan keluarga binaan pada masa new normal.

Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 3-4 Maret 2021 di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung yang diikuti 15 orang tenaga Tenaga Motivator Ketahanan Keluarga (Motekar). Pelatihan ini sendiri dilakukan secara offline dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Baca Juga:  Seorang Tukang Ojek di Tasikmalaya Ditemukan Tewas Gantung Diri Tengah Malam

Ketua PKM Unisba Rini Rinawati mengatakan, pelatihan ini menawarkan solusi dalam memberikan bekal keterampilan komunikasi kepada Motekar. Monekar sendiri memiliki tugas membantu pemerintah dalam rangka membangun ketahanan keluarga namun memiliki kekurangan keterampilan komunikasi.

“Hal ini berdampak pada efektivitas kegiatan pemberdayaan. Kondisi ini menjadi kendala dalam melakukan komunikasi kepada masyarakat,” kata Rini dalam keterangan yang diterima, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga:  Catat! Ini Jadwal dan Tema Debat Publik Pilkada Kabupaten Cianjur

Dia mengungkapkan, tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai komunikasi yang efektif. Komunikasi secara verbal maupun nonverbal dan memberikan pemahaman komunikasi yang efektif dalam kajian Islam.

“Program PKM ini merupakan kegiatan rutin kolaborasi antara dosen mahasiswa yang didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Unisba,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sebelas Tahun Kakek Ini Tinggal Di Gubuk Kumuh Dan Sempit

“Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi fenomena hambatan berkomunikasi yang terjadi di masyarakat terlebih pada masa new normal,” tutupnya.

Sebagai informasi, narasumber yang mengisi kegiatan ini diantaranya adalah Rini Rinawati (Wakil Dekan 2 Fikom Unisba), Ferry Darmawan (Wakil Dekan 3 Fikom Unisba), Dedeh Fardiah (Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unisba), dan Nia Kurniati (Kaprodi KPI Fakultas Dakwah Unisba). (RNU)