Mengeksplor Destinasi Wisata Curug Sawer Sukabumi Sambil Menikmati Keindahan Alamnya

JABARNEWS | BANDUNG – Sukabumi merupakan salah satu kota di Jawa Barat, terkenal dengan nama kota mochi. Ternyata Sukabumi juga memiliki beberapa wisata curug seperti Curug sawer.

Curug sawer, saat ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal. Setiap libur akhir pekan pasti pengunjung dari berbagai daerah datang ke tempat ini hanya untuk berenang sambil menikmati keindahan dari curug satu ini.

Sebenarnya Curug atau air terjun Sawer ini di Jawa Barat tidak hanya satu,   seperti di Kuningan, Bandung Barat serta Tasikmalaya juga sama mempunyai curug yang bernama Curug Sawer.

Baca Juga:  Kapolri Sigit: Momentum Idul Fitri Untuk Jadi Pribadi yang Akhlakul Karimah

Tetapi salah satu yang paling terkenal yakni Curug Sawer, berlokasi di Kadudampit. Sebenarnya tempat atau lokasi curug tersebut masih termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Dahulu, sebelum wisata curug sawer populer seperti sekarang, tempat tersebut dianggap angker. Hal tersebut terjadi karena biasanya curug sawer ini sering digunakan untuk tempat ritual-ritual tertentu.

Menurut legenda yang beredar di masyarakat sekitar, pemberian nama dari curug ini bermula dari seseorang sakti yang bertempat tinggal di kaki Gunung Ciremai. 

Orang sakti ini disebut sebut seringkali mengadakan sebuah upacara saweran di sekitar Sungai Cipada, dengan tujuan mencari berkah untuk dirinya sendiri serta para keturunannya kelak. Dia bahkan diceritakan bertapa pada daerah sekitar air terjun hingga wafat.

Baca Juga:  Catat! Larangan Mudik dan Balik Diperpanjang Sampai 7 Mei

Karena kesaktian yang dimilikinya, jasad dari orang tersebut tidak hancur melainkan berubah menjadi ular raksasa yang tak kasat mata. Dari upacara yang sering dilakukannya semasa hiduplah dari setu keluarlah nama Curug Sawer. 

Untuk berkunjung ketempat wisata satu ini, kalian hanya perlu berkendara sejauh 15 Kilometer dari pusat kota yang bertujuan ke Kampung Cijagung, Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit.

Memiliki harga tiket masuk sekitar Rp 15.000/orang, tentunya tempat wisata curug sawer ini bisa menjadi salah satu tujuan destinasi wisata kalian ketika liburan akhir pekan.

Baca Juga:  Sedang Perbaiki Lampu Jalan, Pria di Bekasi Tewas Secara Tragis

Di sekitar curug sawer juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kalian temui seperti toilet. Nah, Jika kalian ingin bermalam di tempat ini kalian juga bisa menemukan beberapa penginapan atau homestay yang bisa kalian sewa.

Sungguh menarik bukan destinasi wisata curug sawer ini, ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan dari kampung gede pangrango serta di padukan dengan kesejukan alam dari air terjun tersebut yang membuat kalian betah berlama-lama disana. (Mal)