Lima Destinasi Wisata Rumah Adat Yang Ada Di Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Rumah Adat Jawa Barat menjadi salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Bahkan diantaranya bisa kita kunjungi untuk dijadikan destinasi wisata.

Biasanya setiap suku memiliki rumah adat khasnya masing-masing. Dari mulai bentuk bangunan dan beberapa komponen lainnya ada perbedaan yang kita bisa lihat.

Oleh sebab itu, melansir dari berbagai sumber kami berhasil merangkum beberapa rumah adat yang ada di wiayalah Jawa Barat. Diantaranya:

Baca Juga:  Sore Ini Kemenag Gelar Sidang Isbat

Pertama. Rumah Togok Anjing – Berlokasi di kabupaten Garut, rumah adat ini memiliki desain bangunan yang sangatlah familiar dan umum ditemui saat ini. Selain itu, Bentuknya menyerupai desain dari sebuah gazebo pada umumnya yang biasa kita jumpai pada daerah di Jawa Barat.

Kedua. Imah Julang Ngapak – Terkenal dengan kekayaan wisata kuliner, ternyata Tasikmalaya memiliki rumah ada bernama Julang Ngapak. Rumah adat Julang Ngapak biasanya memiliki bentuk atap yang lebih melebar di setiap sudutnya.

Baca Juga:  Polres Cianjur Bakal Beri Penghargaan Bagi Warga Disiplin PSBB

Ketiga. Imah Badak Heuay – Berlokasi di Sukabumi, Imah Badak Heuay merupakan salah satu rumah adat yang bisa kalian kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata saat kalian berlibur akhir pekan.

Keempat. Imah Jolopong – Rumah adat Jolopong memiliki yang memiliki arti terkulai atau tegak lurus ini. Rumah adat ini dinamakan Jolopong karena memiliki bentuk atapnya yang begitu sederhana dan tergolek lurus dengan baik.

Baca Juga:  Setan Tidak Bisa Menembus Pintu atau Tembok, Ini Penjelasannya

Kelima. Imah Parahu Kumureb – Rumah adat ini mendapatkan julukan perahu tengkurap karena bentuk atapnya yang menyerupai sebuah perahu yang terbalik. Meskipun rumah ini memiliki atap dengan bentuk yang unik, sungguh disayangkan bahwa desain atap tersebut sangatlah mudah untuk mengalami kebocoran. (Mal)