Wartawan PWI Kota Bandung, Kembali Donorkan Darah



JABARNEWS | BANDUNG
– Untuk kedua kali, wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung kembali menggelar kegiatan sosial donor darah bertema “Bangkit dari Pandemi, Pers sebagai Akselerator Perubahan” di PMI Kota Bandung Kamis (4/3/2021).

Kegiatan ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021. Bersama wartawan, donor darah juga diikuti beberapa anggota Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kota Bandung.

Ketua PWI Kota Bandung, Hardiyansyah mengatakan, kegiatan sosial donor darah kali ini diikuti sebanyak 10 orang yang dianggap layak dan lolos setelah dicek kesehatan fisik. Sebanyak 20 orang dari total 30 anggota terkendala beberapa hal.

Baca Juga:  Pemerintah Akan Tanggung Kebutuhan Masyarakat Selama PSBB

“Alhamdulillah kegiatan donor darah hari ini lancar. Dari anggota PWI yang baru lolos itu sekitar 10 orang, karena yang lainnya terkendala mungkin istirahat kurang, tensi darahnya tinggi, dan ada yang rendah. Jadi, yang baru berhasil diambil darahnya sebagai donor baru 10 orang dari total 30 orang yang hadir,” ujarnya.

Dia menjelaskan, donor darah ini merupakan rangkaian acara HPN (Hari Pers Nasional) tahun 2021. Tak hanya melaksanakan donor darah, PWI Kota Bandung juga menyelenggarakan beberapa kegiatan bakti sosial.

“Kemarin kita juga melaksanakan pembagian sembako di tiga kecamatan di Kota Bandung dan sekarang kita melakukan donor darah bagi anggota PWI Kota Bandung. Tapi kegiatan donor darah ini sudah pernah kita lakukan beberapa kali sebelumnya. Ini juga yang tahun 2021 kita lakukan lagi donor darah seperti biasa,” jelas lelaki yang akrab disapa Andy ini.

Baca Juga:  Jaksa Ungkap Peran Putri Candrawathi Dalam Pembunuhan Brigadir J

Dia menambahkan, sejak tahun lalu dan yang ke-2 kali di tahun, kegiatan sesuai rencana dan tidak ada kendala bagi pendonor dari anggota PWI Kota Bandung.

Dirinya sendiri mengaku, baru pertama kali ikut jadi pendonor darah. Wajar kata dia, karena baru pertama kali pasti ada perasaan tegang.

Baca Juga:  Preman yang Tewas dengan Puluhan Tusukan Dibunuh secara Berencana

“Pertama kali donor kan kaget begitu melihat darahnya ternyata banyak yang diambil,” ucapnya.

Andi memaparkan, saat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) pada tanggal 9 Februari lalu, Persatuan Wartawan Indonesia sudah melakukan kegiatan potong tumpeng bersama PWI Pusat. Kebetulan untuk wilayah Bandung Raya, PWI Kota Bandung melaksanakan kegiatan donor darah. Cuma di daerah masing-masing itu bergantung kepada PWI-nya melaksanakan kegiatan bentuknya seperti apa.

“Tapi HPN itu puncaknya diselenggarakan tanggal 9 Februari kemarin. Itu (PWI) seluruh Indonesia serentak potong tumpeng bersama PWI Pusat,” pungkasnya. (red/rilis)