JMN Channel


Menikmati Keindahan Wisata Sukabumi Sambil Berkunjung Ke Kampung Adat Ciptagelar

Berlokasi di selatan Taman Nasional Gunung Halimun, Tempat Wisata Sukabumi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara

Wisata Sukabumi Kampung Adat Ciptagelar (Foto: phinemo.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Dari sekian banyak Kampung adat di Indonesia, Kampung adat Ciptagelar merupakan salah satu destinasi wisata Sukabumi yang bisa kita kunjungi. Di sana kalian akan menemukan suasana pedesaan asri nan unik.

Berlokasi di selatan Taman Nasional Gunung Halimun, Tempat Wisata Sukabumi ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbeda dengan pedesaan pada umumnya Kampung Ciptagelar ini tetap memegang erat aturan dari pendahulunya.

Baca Juga:

Menjajal Olahraga Paralayang Di Tempat Wisata Gunung Lingga Sumedang

Tiga Keistimewaan Dari Tempat Wisata Curug Cibaliung Bogor



Dahulu, masyarakat kampung kasepuhan Ciptagelar sempat bermukim di wilayah Ciptarasa. Akan tetapi pada tahun 2001, semua penduduk yang berjumlah 16.000 orang ini melakukan hijrah ke salah satu tempat yang kini diberi nama kampung Kasepuhan Cipta gelar.

Hijrah atau perpindahan pemukiman yang dilakukan tersebut bukan karena keinginan mereka, melainkan hal tersebut dilakukan karena wangsit (amanat) yang diberikan oleh para leluhur dan pendahulu dari kampung tersebut.

Sebagai keturunan Sunda, Tempat wisata Kasepuhan Ciptagelar ini menggunakan lumbung (Leuit) untuk menyimpan hasil panennya yang berupa gabah padi. Selain itu, menurut peraturan dari sesepuh dan leluhur kampung tersebut tidak boleh memperjual belikan padi.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Wisata Sukabumi Kampung Adat Ciptagelar Wisata Kampung Adat Wisata Jawa Barat Tempat Wisata Kabupaten Sukabumi

berita terkait

Wisata Kebun Teh Taraju Tasikmalaya, Cocok Untuk Melepas Penat

Berwisata Sambil Ngabuburit Di Masjid Raya Bandung

Menikmati Keindahan Alam Di Tempat Wisata Curug Bibijilan Sukabumi

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi