Anggota Fraksi Gerindra DPRD Cianjur Ini Janji Akan Bantu Keluarga Sobari

JABARNEWS | CIANJUR – Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur mengecek langsung keluarga Sobari (46) warga huni gubuk mirip kandang kambing, di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Selasa (2/3/2021).

Kepedulian sosial dari politisi Gerindra tersebut juga sekaligus meninjau lokasi pergeseran tanah warga setempat yang terdampak dan terancam.

“Tadi saya sudah melihat ke lokasi bencana juga. Selain ke rumah pak Sobari (46) warga setempat yang menempati rumah tidak layak untuk dihuni,” kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur Prasetyo.

Ia mengatakan, akan meminta dan membantu Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur. Artinya, dalam hal ini yaitu bupati melalui Sekda untuk mengeluarkan surat pernyataan kejadian bencana dan keterangan tanggap darurat.

Baca Juga:  Atalia Praratya Sembuh dari Covid-19, Ridwan Kamil: Alhamdulillah, Terharu

“Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat,” jelas dia.

Karena, dia yakin anggaran saat ini di Pemkab Cianjur tentunya sangat terbatas. Untuk itu akan meminta bantuan dari Pemerintah Pusat yaitu dengan cara mengeluarkan dua surat tersebut tadi.

“Mudah-mudahan pak bupati bisa mengeluarkan dua surat tersebut,” ujar Prasetyo.

Kemudian yang kedua, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur mendorong, dan mendukung pak bupati untuk relokasi bagi warga yang ingin direlokasi tempat tinggal atau hunian yang layak.

“Agar mereka bisa nyaman tempat barunya,” bilangnya.

Baca Juga:  Ratusan Peserta Tour The Java 2 Mampir Ke Kota Angin

Lanjut Prasetyo, untuk direlokasi tetap bangunkan jalan alternatif. Walaupun ini agak jauh, seperti terlihat setelah cek langsung ke lokasi melingkar dari tempat asalnya.

Tapi kalau misalkan masalah kajian Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL), dan lainnya tidak layak huni bagi keselamatan warga akan berupaya memperjuangkan. “Karena khawatir akan mengancam jiwa juga akan menghambat kegiatan ekonomi,” imbuhnya.

Mengenai keluarga Sobari, itu nanti hal sama akan dibantu minggu depan. Menurutnya, hal tersebut karena area sudah dia police line, jadi khawatir juga.

“Doanya saja bisa lancar sesuai harapan kita semua,” tutup Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Cianjur Prasetyo.

Baca Juga:  Bandara Kertajati Buka Rute Penerbangan Baru

Terpisah, Idik Sidik (38) tokoh pemuda setempat membenarkan, tadi kedatangan Fraksi Gerindra Cianjur. Dan, Prasetyo itu mau mengunjungi ke rumah yang tidak layak huni, tapi khawatir karena di area dipasang garis polisi.

“Jadi memang tadi tidak sampai ke lokasi yang dituju, tapi bilang janji minggu depan mau memberikan bantuan ke pak Sobari,” katanya.

Idik menambahkan, mungkin sekalian juga mau memberikan sumbangan ke warga yang terdampak longsor pergeseran tanah.

“Sudah ada titik terang untuk keluarga pak Sobari. Dan, mudah-mudahan terealisasi,” singkatnya. (Mul)